Banyak Cara Tingkatkan PAD

Tingkatkan PAD
TEKS: RUSELITA

PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Kota Palangka Raya mendorong pemerintah setempat melakukan berbagai terobosan untuk mengoptomalkan sumber pendapatan dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Seperti diutarakan Anggota Komisi B Ruselita, perlunya berbagai terobosan karena perlu dipahami bahwa upaya peningkatan PAD memerlukan berbagai macam cara. Artinya tidak cukup hanya mengandalkan beberapa aspek saja, karena perlu banyak strategi untuk pengoptimalkan sumber pendapatan.

”Bicara upaya memaksimalkan pemasukan PAD, maka sejauh ini instansi teknis sudah melakukan dengan cukup baik. Tinggal bagaimana terobosan menggali potensi PAD lebih banyak,” kata, kemarin.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Dilanjutkannya, ika selama ini serapan PAD lebih banyak bersumber dari pajak kendaraan bermotor, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan sektor pajak lainnya, maka pemerintah perlu mencari lagi strategis guna memaksimalkan sektor tersebut dan menggali sumber lainnya. Ditegaskannya, jika memang sektor pajak itu paling berperan besar, maka perlu dibuat inovasi agar sumber tersebut mampu berkontrobusi maksimal. ”Tentunya sumber-sumber lain juga perlu dilihat,” tukas Ruselita.

Baca Juga :  Waspadai Mamin Kedaluarsa Jelang Idulfitri

Politikus Partai Perindo ini menambahkan, pentingnya peningkatan PAD tersebut sangat berkaitan dengan dukungan pelaksanaan pembangunan daerah, baik dari sisi infrastruktur ataupun kesejahteraan masyarakat. Sehingga pemerintah pun diharapkan memiliki kebijakan yang dapat dijadikan acuan peningkatan sektor pendapatan.

”Begitu pentingnya PAD ini,  maka lagi-lagi penting adanya terobosan melalui program strategis untuk memaksimalkan sumber-sumber pendapatan dari sumber lain,” tandasnya. (sho/gus)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *