Begini Cara DAD Kalteng Menjaga Adat dan Budaya Dayak di Pengujung 2022

ritual budaya pengujung tahun
MENJAGA BUDAYA: Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama sejumlah menghadiri Ritual Balian  Nampung Sahur, Mapuput Hajat, Palus Mampendeng Balai Karamat Raja, Selasa (27/12). (DODI/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah melaksanakan agenda besar di pengujung 2022. Kegiatan penutup tahun yang dilaksanakan, yakni Ritual Balian Nampung Sahur, Mapuput Hajat dan Palus Mampendeng Balai Karamat Raja, Turnamen Catur Nataru Cup 1 Tahun 2022, dan workshop masyarakat wilayah hukum dan hutan adat.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Wagub Edy Pratowo, dan sejumlah pejabat penting lainnya menghadiri pembukaan Ritual Balian Nampung Sahur, Maluput Hajat, Palus Mampendeng Balai Karamat Raja di Betang Hapakat, Palangka Raya, Selasa (27/12).

Bacaan Lainnya

Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk sinergisitas bersama untuk melestarikan budaya dan adat istiadat di Kalteng. Selain itu, sebagai bentuk silaturahmi dan gotong royong, sehingga Kalteng semakin berkah dan falsafah huma betang selalu terjaga dan terpelihara dengan baik.

”Saya bangga dengan kegiatan ini. Ini bukti bahwa kita bisa bersama untuk Kalteng lebih berkah dan maju. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru 2023,” katanya.

Baca Juga :  Lokasi di Pangkalan Bun Ini Jadi Tempat Sakral Masyarakat Dayak

Agustiar menuturkan, Ritual Balian Nampung Sahur telah dilaksanakan secara turun temurun oleh nenek moyang suku Dayak. DAD Kalteng yang dikoordinir Parada LKDR akan memimpin ritual tersebut.

”Ritual Balian  Nampung Sahur, Mapuput Hajat, Palus Mampendeng Balai Karamat Raja dilaksanakan sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan anugerah yang diberikannya kepada umat manusia,” ucapnya.

Sementara itu, Sugianto mengapresiasi kegiatan tersebut. ”Saya berterima kasih. Mengapresiasi atas kegiatan yang digelar Ketua Umum DAD Kalteng. Jalankan sesuai dengan adat dan kepercayaan kita,” ujarnya.

Sekretaris Umum DAD Kalteng Yulindra Dedy mengatakan, pembukaan kegiatan ritual dilaksanakan bersamaan dengan Turnamen Catur Nataru Cup 1 di Betang Hapakat DAD Kalteng.

”Pada malamnya kegiatan workshop akan dibuka. Harapan kami, kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses, serta semua keinginan dan hajat dapat dikabulkan,” ujarnya. (daq/ign)

Pos terkait