Dinas PUPR Kobar Kembangkan Aplikasi SIMBA, Cek Disini Untuk Tahu Manfaatnya

aplikasi kobar
SERAH TERIMA : Kepala Dinas PUPR Kobar, M Hasyim Muallim (tengah) saat acara serah terima aplikasi SIMBA di Dinas PUPR Kabupaten Kotawaringin Barat, Senin (29/4/2024). (SAMSUDIN/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama USAID Sustainable and Environmental Governance Across Regions (SEGAR) melakukan serah terima aplikasi Sistem Informasi Manata Banua (SIMBA), Senin (29/4/2024).

Menurut Kepala Dinas PUPR Kobar, M Hasyim Muallim, aplikasi tersebut berbasis Web GIS (Geografis Information System). Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan para pelaku usaha untuk melakukan kegiatan pembangunan maupun investasi agar selaras dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Kobar, maupun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Bacaan Lainnya

Hasyim membeberkan, tiga tahun yang lalu telah dilakukan penandatanganan dokumen kerjasama yang dituangkan dalam bentuk nota rencana kerjasama, yang fokus pada kegiatan menyeimbangkan konservasi keanekaragaman hayati dan pemanfaatan lahan berkelanjutan, dengan pembangunan ekonomi dan mata pencaharian yang inklusif.

Baca Juga :  Radar Sampit dan DPRD Kalteng Perkuat Sinergi

Salah satu poin kerjasama yang dilaksanakan adalah pembangunan Sistem Informasi Tata Ruang (SIMTARU) yang telah direalisasikan pada Senin (29/4/2024).

“SIMTARU tersebut yang selanjutnya diberi nama SIMBA (Sistem Informasi Manata Banua) yang dikembangkan oleh dinas PUPR bersama Usaid SEGAR, yang memuat data atau informasi perencanaan dan pemanfaatan tata ruang di wilayah kabupaten Kotawaringin Barat,” jelas Hasyim.

Menurut Hasyim, maksud dikembangkannya SIMBA ini adalah dalam rangka sosialisasi informasi penataan ruang kepada masyarakat luas adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk menyebarluaskan informasi tentang RTRW maupun RDTR.

“Kami selaku pemerintah daerah menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Usaid SEGAR yang telah memberikan dukungan kepada pemkab Kobar terhadap SIMBA ini,” kata Hasyim.

Harapannya, dengan adanya aplikasi ini maka para pemangku kepentingan maupun masyarakat akan mendapatkan informasi yang akurat tentang tata ruang sehingga pembangunan maupun iklim investasi bisa semakin meningkat untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat. (sam/fm)



Pos terkait