Disdik Palangka Raya Buka PPDB SD-SMP Tanggal 19 Juni

ppdb palangka
JAGA MUTU PENDIDIKAN: Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin bersama Kepala Disdik Kota Palangka Raya Jayani dan para pelajar. Disdik Mulai Buka PPDB Tingkat SD dan SMP

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Mulai 19-23 Juni 2023 mendatang, Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya melaksanakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Kita akan gelar PPDB mulai 19-23 Juni 2023 mendatang. Tidak semua sekolah di bawah naungan Disdik Kota Palangka Raya melaksanakan PPDB, sebagian sekolah ada yang telah melaksanakan tetapi untuk SD dan SMP di sejumlah tempat tetap melaksanakan sesuai menggunakan sistem yang memang diterapkan,” ujar Wali Kota Fairid Naparin melalui Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayani, Rabu (7/6).

Bacaan Lainnya

Ia menyampaikan, pendaftaran sekolah tahun ini memakai sistem online atau dalam jaringan (daring) dan offline atau luar jaringan (luring). Untuk seluruh SD sederajat tetap memakai sistem luring dengan pendaftar yang melakukan pendaftaran langsung ke sekolah. Sedangkan untuk SMP sederajat terdapat beberapa sekolah yang sudah menerapkan sistem daring.

“Yang memakai sistem PPDB daring ini terdapat enam sekolah, melalui aplikasi yang digunakan untuk membantu proses ini. Sistem ini dilakukan oleh SMP dengan peminat paling banyak, yang biasanya menjadi magnet siswa,” jelasnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Pemerataan Kualitas Pendidikan di Palangka Raya

Ia menekankan, sistem itu digunakan di SMP tersebut adalah SMPN 1 Palangka Raya, SMPN 2 Palangka Raya, SMPN 3 Palangka Raya, SMPN 6 Palangka Raya, SMPN 8 Palangka Raya, dan SMPN 9 Palangka Raya.

“Untuk SD Negeri dan SMP Negeri yang di bawah naungan Disdik Palangka Raya melakukan PPDB dengan sistem jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan jalur prestasi. Bahkan dari PPDB itu juga ada yang menggunakan sistem aplikasi baik luring maupun daring. Sekolah yang menggunakan aplikasi yakni ada enam sekolah,” sebutnya.

Peserta didik yang ingin ikut seleksi masuk sekolah melalui jalur PPDB 2023, alangkah baiknya mempersiapkan diri serta berkas-berkas yang nantinya akan diminta oleh panitia PPDB di sekolah yang dituju. Dengan mempersiapkan diri jauh-jauh hari tentunya, peserta didik pada hari H penerimaan tidak akan kelabakan untuk menyediakan persyaratan yang diminta oleh panitia PPDB di sekolah itu.



Pos terkait