Gelar Lomba Dorong Semangat Pemberdayaan Masyarakat Desa

lomba desa
PENGHARGAAN: Kepala DPMDes Kotim Sutimin menyerahkan hadiah juara II kepada pemenang lomba pasar desa. (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah menggelar Lomba Pasar Desa Tingkat Kabupaten Kotim tahun 2022. Juara lomba desa nantinya akan diikutsertakan pada tingkat selanjutnya.

Kepala DPMDes Kotim Sutimin mengatakan, pelaksanaan Lomba Pasar Desa tingkat Kotim merupakan awal dari rangkaian Lomba Pasar Desa tingkat provinsi maupun nasional yang diselenggarakan secara berjenjang.

Bacaan Lainnya
Gowes

”Maksud pelaksanaan Lomba Pasar Desa mendorong semakin tumbuhnya semangat pemberdayaan masyarakat desa dan memberi motivasi kepada pemerintah desa beserta masyarakatnya untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan,” ujarnya.

Berdasarkan hasil penilaian, Juara I Pasar Jumat Ramban Desa Bagendang Tengah Kecamatan MHU, Juara II Pusat Belanja Masyarakat Desa Tumbang Sangai Kecamatan Telaga Antang, Juara III Pasar Pasir Mas Desa pantat Kecamatan mentaya Hulu.

Baca Juga :  Begini Upaya PMI Kotim Cegah Transaksi Jual Beli Darah

”Dengan mengacu pada hasil penilaian dan pemeringkatan, peserta Lomba Pasar Desa akan dilakukan pembinaan khusus berupa fasilitasi pelaksanaan program dan kegiatan pembinaan pasar desa sesuai nilai dan pemenang juara agar dapat diikutsertakan pada lomba pasar di tingkat selanjutnya,” ungkapnya.

Paramater, kriteria, dan instrumen penilaian yang digunakan, lanjutnya, terdiri dari 17 instrument, antara lain status kepemilikan lahan atau tanah pasar, status pasar desa, bangunan pasar desa, pedagang, perencanaan pengembangan pasar desa, organisasi, pelaksanaan, pengawasan, peran pemerintah desa, peran pemerintah kecamatan, partisipasi masyarakat, penggunaan pendapatan, administrasi, pengelolaan keuangan kebersihan lingkungan, dan kinerja pasar desa.

Sementara itu, tujuan pelaksanaan lomba pasar desa mendorong pemerintah desa dan masyarakatnya menggali dan mengevaluasi potensi di bidang usaha ekonomi perdesaan yang ada di wilayahnya, serta mengoptimalkan potensi tersebut sebagai sumber



Pos terkait