Harga BBM non Subsidi Mengalami Penurunan Mulai 1 November 2023

pertamina
Harga BBM Mengalami Penurunan di Jawa Timur Per 1 November (Pertamina.com)

Radarsampit.com – PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) per 1 November 2023. Harga yang mengalami penurunan yaitu pada jenis non subsidi.

Harga BBM Pertamina yang mengalami penurunan yakni pada empat jenis BBM diantaranya., Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan juga Pertamina Dex.

Bacaan Lainnya

Sedangkan untuk solar dan pertalite yang merupakan BBM subsidi tidak mengalami perubahan.

Menurut pengumuman resmi penyesuaian harga BBM dilakukan dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM yang tertulis dalam No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022.

Sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Perubahan harga BBM ini terjadi secara menyeluruh dan rata di semua bagian wilayah Indonesia.

Fadjar Djoko Santoso selaku VP corporate communication Pertamina menyampaikan “Harga BBM nonsubsidi setiap bulannya per tanggal 1 mengalami penyesuaian mengikuti harga pasar, namun dapat kita sampaikan bahwa harga BBM Pertamina paling kompetitif untuk menjaga daya beli masyarkat,” ujarnya.

Baca Juga :  Nasib Hak Angket Bergantung Inisiatif PDIP

Penurunan yang terjadi tidak hanya dalam lingkup wilayah DKI Jakarta. Melainkan harga ini juga berlaku untuk Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Yogyakarta.

Harga BBM non subsidi bersifat fluktuatif, sehingga pihak Pertamina juga akan selalu melakukan evaluasi secara berkala dalam mengikuti mekanisme pasar.

Harga Pertamax yang semula Rp 14.000 per liter mengalami penurunan Rp 600 per liter. Sehingga harganya menjadi Rp 13.400 per liter.

Pertamax Green 95 yang semula Rp 16.000 per liter mengalami penurunan Rp 1.000 per liter. Sehingga harganya menjadi Rp 15.000 per liter.

Kemudian harga Pertamax Turbo yang semula Rp 16.600 per liter mengalami penurunan sebanyak Rp 1.100 per liter. Sehingga harganya menjadi Rp 15.500 per liter.

Sedangkan untuk Harga Dexlite yang semula Rp 17.200 per liter mengalami penurunan Rp 250 per liter. Sehingga harganya saat ini menjadi Rp 16.950 per liter.



Pos terkait