Hasil Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna: Bagnaia Pole, Quartararo P15

kualifikasi MotoGP Emilia Romagna
Francesco Bagnaia sukses meraih pole position keempatnya secara beruntun di GP Emilia Romagna. (ANDREAS SOLARO / AFP)

Sesi kualifikasi MotoGP Emilia Romagna dipenuhi drama. Dua pimpinan klasemen pembalap meraih hasil yang berbeda bagai langit dan bumi.

Bintang Ducati Francesco Bagnaia sukses merebut pole position untuk kali keempat secara beruntun. Catatan waktunya 1 menit 33,045 detik.

Bagnaia harus memulai kualifikasi dari sesi pertama (Q1) karena tak lolos 10 besar di latihan bebas ketiga (Q3). Meski demikian, dia berhasil menjadi yang tercepat pada sesi tersebut dengan raihan 1 menit 33,393 detik.

Di Q1, drama menyakitkan menimpa rival terbesar Bagnaia, Fabio Quartararo. Rider Prancis tersebut gagal menembus dua besar rider tercepat dan hanya finis ketiga.

Padahal hanya dua rider tercepat yang berhak lolos ke Q2.

Quartararo hanya mampu finis di posisi ketiga. Semakin parah karena waktu lap terbaiknya dibatalkan lantaran Quartararo melanggar yellow flag pada tikungan keenam.

Jadilah dia dilorot ke posisi ke-15. Artinya, Quartararo akan start dari posisi ke-15.

Di Q2 tiga rider Ducati berhasil menguasai front row. Mereka adalah Bagnaia (pole), Jack Miller (Ducati) di posisi kedua, dan Luca Marini (Avintia VR46) secara mengejutkan berada di posisi ketiga.

Baca Juga :  Menang 5-1 Lawan Sylva Kalteng, Kalteng Putra Perlu Pembenahan di Lini Ini

Dengan situasi ini, rombongan Ducati bisa bahu membahu untuk menghadang Quartararo untuk menyegel gelar juara MotoGP di Misano.

Pos terkait