Jalan Menuju Gunung Mas Digelontor Rp 160 Miliar

SERING PUTUS: Salah satu ruas jalan Palangka Raya - Kuala Kurun yang selalu dilanda banjir saat curah hujan tinggi. (ANTARA FOTO)

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalimantan Tengah Shalahuddin menyatakan pemerintah provinsi pada 2022, mengalokasikan Rp 160 miliar memperbaiki jalan dari Bukit Liti menuju Bawan, Bawan-Kuala Kurun, dan Linau-Tumbang Jutuh, Kabupaten Gunung Mas.

Perbaikan jalan provinsi di sekitar Kabupaten Gunung Mas sebenarnya sudah aman dan dipastikan terlaksana pada tahun depan, kata Shalahuddin di Palangka Raya, Senin. ”Masyarakat yang melintas di sepanjang Bukit Liti-Kuala Kurung, mohon dapat bersabar. Gubernur Sugianto Sabran sudah menganggarkan Rp 160 miliar untuk perbaikannya,” tambah dia.

Bacaan Lainnya

Selain jalan provinsi di sekitar Kabupaten Gunung Mas, informasinya Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR juga akan memperbaiki jalan dari Kuala Kurun ke arah Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya. Sebab, jalan tersebut merupakan Trans Kalimantan Poros Tengah, yang merupakan wewenang pemerintah pusat.

Shalahuddin mengatakan, saat ini Balai Kementerian PUPR Ditjen Bina Marga BPJN Kalimantan Tengah, sedang melakukan lelang proyek pengerjaan jalan Trans Kalimantan Poros Tengah dari Kuala Kurun ke arah Puruk Cahu itu.

“Jadi, perbaikan jalan provinsi di sepanjang Kabupaten Gunung Mas, sejalan dengan rencana pemerintah pusat,” ujarnya.

Menurut dia, Gubernur Sugianto Sabran memberikan perhatian serius terhadap kondisi infrastruktur jalan yang menghubungkan Kota Palangka Raya dengan Kabupaten Gunung Mas hingga Murung Raya.

Dia mengatakan jalan tersebut merupakan salah satu wilayah strategis perekonomian Kalteng. Sebab, di Gunung Mas dan Murung Raya terdapat sejumlah perusahaan tambang dan perkebunan, yang tentunya berdampak kepada semakin tingginya perputaran uang dan terciptanya lapangan pekerjaan, serta kesejahteraan masyarakat.

Pos terkait