Jangan Pilih Pejabat ‘Asal Bapak Senang’

muhammad abadi, ketua fraksi pkb dprd kotim
Muhammad Abadi, Ketua Fraksi PKB DPRD Kotim. (Antara)

SAMPIT, radarsampit.com – Rencana rotasi jabatan di lingkungan Pemkab Kotim merupakan momentum bagi kepala darah untuk menempatkan pejabat sesuai kompetensinya.

Pejabat dengan tipikal pekerja diperlukan untuk menyelesaikan sejumlah persoalan pembangunan maupun pelayanan kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

”Saya ingatkan agar bupati menentukan pejabat yang bisa membaca dan mengimplementasikan programnya secara konkret. Bukan hanya asal bapak senang saja, padahal kerjanya nol,” kata Ketua Fraksi PKB DPRD Kotim Muhammad Abadi, Jumat (31/5/2024).

Abadi menuturkan, jajaran di pemerintahan Halikinnor-Irawati memang sudah seharusnya dilakukan evaluasi total. Hal tersebut penting agar visi dan misi kepala daerah bisa terwujud.

”Karena bagaimanapun yang digunakan kepala daerah untuk mengeksekusi visi-misinya ada di tangan perangkat daerah. Kalau perangkat daerah tidak satu visi dan misi, dampaknya akan menghambat program itu tercapai tepat waktu, khususnya di akhir jabatan kepala daerah,” katanya.

Baca Juga :  Tiga Kali Mangkir, Kejaksaan Jemput Paksa Saksi Dugaan Korupsi di Kalteng

Seperti diberitakan, kalangan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kotim belakangan ini ramai membahas kabar mengenai rencana perombakan sejumlah pejabat eselon. Hal itu seiring sejumlah pejabat Kotim yang memasuki masa pensiun.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotim Kamaruddin Makkalepu saat dikonfirmasi belum memberikan komentar rinci mengenai kabar tersebut.

”Kalau bakal ada perombakan, ditunggu sampai ada undangan pelantikannya,” ujarnya.

Sebagai informasi, tahun ini lima pejabat eselon 2 di lingkungan Pemkab Kotim akan memasuki masa purna tugas. Mereka di antaranya, Suparmadi (Kepala Dinas Perhubungan Kotim), M Yusuf (Sekretaris DPRD Kotim), Fuad Sidiq (Kepala Satpol PP Kotim), Machmoer (Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotim), dan Fajrurrahman (Sekretaris Daerah Kotim).

”Tahun ini ada sekitar lima pejabat yang pensiun. Paling awal mungkin Pak Suparmadi yang akan memasuki masa purna tugas,” kata Kamarudin.

Kamaruddin menambahkan, apabila banyak jabatan kepala dinas yang lowong karena pejabat sebelumnya memasuki masa purna tugas, Bupati Kotim Halikinnor akan menunjuk pelaksana tugas untuk mengisi kekosongan jabatan.



Pos terkait