Jumlah Anak Putus Sekolah di Kotim Capai Ribuan

prokes di sekolah
ilustrasi

SAMPIT, radarsampit.com – Tingginya anak putus sekolah di Kotim membuat wakil rakyat  terkejut. Mereka  menyoroti informasi sebelumnya yang beredar yakni Kotim menduduki urutan tertinggi angka anak putus sekolah (ATS) di Kalimantan Tengah dengan total 6.273 orang.

“Sudah kami lakukan kroscek ke dinas pendidikan (disdik) setempat dan mereka menginformasikan data tersebut belum diverifikasi, sehingga belum jelas kepastian jumlahnya,” kata anggota Komisi III DPRD Kotim Riskon Fabiansyah.

Bacaan Lainnya

Diungkapkannya , berdasarkan pedoman aplikasi yang digunakan untuk mengecek informasi tersebut, data itu harus diverifikasi langsung oleh sekolah yang bersangkutan dan kemudian masuk ke data dinas pendidikan kabupaten, lalu masuk ke data dinas pendidikan provinsi.

“Sementara ini untuk datanya memang drop out (DO) sebanyak 2.391, dan lulus tidak melanjutkan (LTM) 3.653, maka total DO ditambah LTM adalah 6.044. Dari data ini, yang sudah aktif kembali bersekolah untuk DO sebanyak 2.379, dan LTM sebanyak 117, maka total aktif kembali bersekolah DO  ditambah LTM adalah 2.496,”  ujarnya.

Baca Juga :  Kadiskominfo Kotim: Semua Akun Hoaks Bisa Dilaporkan 

Dia berharap, sekolah yang memiliki anak didik putus sekolah di tengah jalan agar disambangi ke rumahnya atau membuat janji temu bersama wali/orang tua peserta didik tersebut untuk mengetahui penyebabnya. Diharapkan anak itu masih tetap diajak bersekolah kembali.

“Kalau sudah diketahui penyebabnya, bisa dicari solusinya bersama-sama agar yang bersangkutan bisa aktif kembali bersekolah. Karena pendidikan ini sangat penting, dan kalaupun masalahya karena faktor ekonomi, bisa disiasati melalui beasiswa,” tandasnya.

Berdasarkan rekap data drop out (DO) dan lulus tidak melanjutkan (LTM) Pusdatin Kementrian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemdikbud Ristek) tahun 2023 tergambar tingginya angka anak putus sekolah di Kabupaten Kotim. Kotim meraih peringkat pertama atau tertinggi angka anak putus sekolah (ATS) di Kalimantan Tengah dengan total 6.273 orang. Dengan rincian 2.553 peserta didik yang drop out atau berhenti di tengah jalan, dan 3.720 siswa tidak melanjutkan sekolah ke SMP atau SMA sederajat. (ang/yit)



Pos terkait