Kirab Pemilu Tiba di Perbatasan Kalteng 

kirab pemilu
KIRAB PEMILU: Kirab pemilu dari Kalbar tiba di perbatasan Kalteng-Kalbar, Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau.

NANGA BULIK, radarsampit.com – Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akhirnya tiba di Kabupaten Lamandau. Estafet Kirab Pemilu itu membawa bendera partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024.

Kabupaten Lamandau sebagai gerbang Provinsi Kalimantan Tengah jadi kabupaten yang pertama kali didatangi kirab pemilu di Kalteng setelah Kalimantan Barat.

Bacaan Lainnya

Kirab Pemilu sudah dimulai sejak 14 Februari 2023  serentak di tujuh titik di Indonesia, yakni Provinsi Banda Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur dan Provinsi Papua.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamandau Irwansyah mengungkapkan, tujuan Kirab Pemilu ini merupakan bagian dari edukasi dan sosialisasi, serta mengajak masyarakat untuk mengetahui tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024.

”Sebelumnya, Kirab Pemilu singgah di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, dan hari ini masuk ke Kabupaten Lamandau,” terang Ketua KPU  Irwansyah, Senin (1/5).

Baca Juga :  Kakek Cabuli Cucu Tiri Divonis Penjara Tujuh Tahun Enam Bulan

Dia menyebutkan, Kirab Pemilu yang membawa bendera Parpol akan diarak di Kabupaten Lamandau selama sepekan ke sejumlah Kecamatan di Lamandau.  Selanjutnya, arak-arakan akan diantar  menuju ke Kabupaten Sukamara dan delapan kabupaten/kota lainnya di Kalimantan Tengah.

Menurutnya, Kirab Pemilu 2024 ini menjadi ajang edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengetahui semua tahapan Pemilu serta parpol peserta Pemilu.  Ia berharap, masyarakat bisa saling menjaga jalannya proses demokrasi yang akan datang.

“Apalagi Lamandau satu-satunya kabupaten di Kalteng yang pada pemilu mendatang mendapatkan kursi tambahan, dari sebelumnya 20 kursi menjadi 25 kursi DPRD kabupaten,” tambahnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Provinsi Kalteng, Ketua KPU Provinsi Kalbar, Ketua KPU Kabupaten Kayong, Ketua KPU Kabupaten Ketapang, dan Ketua KPU Kabupaten Sukamara.  (mex/yit)



Pos terkait