Kobar Tampilkan Kapal Pinisi di Kirab Festival Budaya Iseng Mulang 

fbim kobar
PJ Bupati Kobar Budi Santosa didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kobar ikut dalam rombongan Kirab Budaya Iseng Mulang di Palangka Raya pada Minggu (19/5/2024)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Kontingan Kabupaten Kotawaringin Barat tampil pada Kirab Festival Budaya Iseng Mulang (FBIM) di Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Minggu (19/5/2024).

Rombongan membawa ornamen kapal pinisi dan pakaian adat berwarna kuning menjadi ciri khas kabupaten berjuluk Marunting Batu Aji ini.  Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa bersama Ketua Tim Penggerak PKK juga ikut dalam kirab FBIM tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pengembangan dan Pembudayaan Olahraga pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kotawaringin Barat Muhammad Jupri menyampaikan, dengan kolaborasi tiga dinas, yakni Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Pariwisata. Dia yakin bisa tampil maksimal pada FBIM dalam rangka HUT Kalteng ke 67.

Jupri meyakini melalui even ini, adat dan budaya Kabupaten Kobar bisa eksis dan dikenal khalayak di Bumi Tambun Bungai. Apalagi Kabupaten Kobar memiliki potensi wisata yang cukup besar.

Baca Juga :  Tokoh Dusmala Titipkan Harapan Pembangunan

Sejalan dengan kegiatan Festival Budaya Iseng Mulang ini, akan dapat menarik minat wisatawan untuk melihat kekayaan alam dan adat budayanya.

“Semoga bisa menjadi juara pada FBIM kali ini, karena telah melakukan seleksi hingga latihan dengan cukup matang,” harapnya.

Senada juga disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kotawaringin Barat Jamri, bahwa seleksi sudah dilaksanakan berjenjang dari kecamatan hingga kabupaten. Maka dengan hasil seleksi tersebut harapannya Kabupaten Kobar bisa menampilkan yang terbaik dari setiap cabang lomba yang dilombakan.

“Persiapan telah kita lakukan, dengan semangat dan kekompakan yang ada pada Festival Budaya Iseng Mulang ini semoga Kobar bisa menjadi juara,” harap Jamri. (sam/yit)



Pos terkait