Lama Tak Ditempati, Rumah Kosong Dilumat Api

Sempat Sulitkan Pemadaman, Kerugian Ditaksir Rp 110 Jutaan

rumah kebakaran
TERBAKAR: Sebuah bangunan kayu di gang SMA PGRI Nomor 42, Jalan Jenderal Sudirman, hangus terbakar, Rabu (7/6) pagi. (Istimewa/Radar Sampit)

SAMPIT, radarsampit.com – Sebuah rumah di Jalan Jenderal Sudirman luluh lantak jadi arang setelah dilumat api, Rabu (7/6) pagi. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Kerugian akibat kejadian tersebut diperkirakan mencapai seratus juta rupiah lebih.

”Petugas kami yang piket menerima laporan dari warga. Sebanyak 20 personel piket langsung turun ke lokasi kejadian,” kata Hawianan, Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kotim, Rabu (7/6/2023).

Bacaan Lainnya

Menurut informasi Ketua RT 47/RW 8 Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Yulites Lisen, rumah kayu seluas 200 meter persegi itu kosong. ”Pemilik awal rumah itu katanya keluarga Pak Johan yang dijual ke anaknya almarhum Darwan Ali. Saat di lokasi, pemilik rumah tidak datang. Mungkin saja belum mengetahui rumahnya terbakar,” kata Hawianan.

Baca Juga :  Teluk Sampit Bersiap Hadapi Libur Lebaran, Pengunjung Diperkirakan Capai 10 Ribu Orang

Personel damkar sempat kesulitan saat melakukan pemadaman. Pasalnya, bangunan rumah tersebut ditutupi pagar seng.”Personel sulit mencari jalan masuk, karena ketutupan pagar seng. Mau tidak mau pagarnya dibongkar. Proses pemadaman berlangsung sekitar 30 menit. Tidak ada korban dan tidak ada perabotan apa pun di dalamnya,” ujar Noor Rachma Sari Dewi, tim investigasi yang tergabung di Satgas Bidang Penyelamatan DPKP Kotim.

Bangunan yang terbakar tersebut jaraknya jauh dari rumah warga setempat. Kerugian ditaksir mencapai Rp110 juta.
”Apinya cukup besar. Di lokasi, kanan kiri depan belakangnya tidak ada bangunan. Agak jauh dari bangunan tetangga. Kebakaran hanya menghanguskan satu rumah,” katanya. (hgn/ign)



Pos terkait