Lawan Sudah Paham Gaya Main Indonesia

Indonesia vs Turkmenistan

sejumlah pemain timnas indonesia mengikuti latihan di stadion gelora bung tomo, surabaya, jawa timur, kamis (7/9/2023).
Sejumlah pemain Timnas Indonesia mengikuti latihan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (7/9/2023). Latihan tersebut digelar sebagai persiapan jelang FIFA Matchday melawan Timnas Turkmenistan pada 8 September di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. ANTARA FOTO/Moch Asim/rwa.

SURABAYA, radarsampit.com – Dari 23 nama pemain timnas Turkmenistan yang disiapkan untuk melawan timnas Indonesia nanti malam di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, ada nama yang sudah paham sepak bola Indonesia. Dia adalah Ahmet Atayev. Gelandang 32 tahun itu pernah bermain untuk Arema FC dan Persela Lamongan pada periode 2017–2018.

Ahmet sudah memberikan banyak masukan kepada pelatih Turkmenistan Mergen Orazov tentang sepak bola Indonesia. Hal tersebut dibenarkan Mergen. ”Ya, dia (Ahmet) banyak memberi tahu kami soal bagaimana permainan Indonesia. Bagaimana sepak bola di sini,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Pelatih yang baru menangani Turkmenistan sejak Januari lalu itu menambahkan, dirinya juga melihat dan menganalisis video pertandingan skuad Garuda ketika melawan Argentina dan Palestina. Menurut Mergen, tim Garuda punya pemain-pemain yang berkualitas. ”Organisasi permainannya bagus, juga pelatih yang luar biasa,” bebernya.

Mergen sebenarnya menyandang beban yang cukup berat. Empat pertandingan terakhir, timnya tidak pernah menang. Apalagi, head-to-head melawan Indonesia juga sangat buruk. Dari empat pertandingan, Turkmenistan hanya menang sekali. Sisanya satu kali imbang dan dua kali tumbang.

Baca Juga :  Porprov Kalteng Terancam Terganggu, Kubu Marcos Tuwan Desak KONI Gelar Rapat Pleno

”Tapi, kami sudah siapkan taktik khusus. Semoga besok (hari ini, Red) Indonesia bisa memberikan perlawanan dan membuat kami berkembang,” harapnya.

Pemain Turkmenistan Ruslan Mingazov juga mengakui bahwa Ahmet memberikan informasi yang sangat banyak kepada tim. Informasi itu coba dikombinasikan dengan taktikal yang disiapkan pelatih. ”Kami akan bermain sebaik mungkin. Kami harap pertandingan akan berjalan menarik,” ucapnya.

Jika Turkmenistan menyiapkan taktik khusus berdasar analisis video pertandingan dan saran dari Ahmet, timnas Indonesia justru bakal melakukan eksperimen. Pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY) mengungkapkan, eksperimen akan dilakukan setelah empat pemain yang seharusnya main inti malam nanti tidak bisa diturunkan karena cedera.

”Tentu saya akan mengubah formasi untuk besok (hari ini, Red),” ujarnya. Formasi yang jauh berbeda dengan dua laga FIFA Matchday sebelumnya, yakni melawan Palestina (14/6) dan Argentina (19/6). STY mungkin akan menumpuk banyak pemain di tengah lapangan.



Pos terkait