Layani Arus Mudik, Berharap Dispensasi Tambahan  Penumpang Kapal

mudik awal
MUDIK AWAL: Ratusan penumpang kapal memilih mudik lebih awal hindari penumpukan penumpang, Rabu (29/3). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Penyedia jasa kapal angkutan penumpang mengharapkan pemerintah pusat memberikan dispensasi tambahan muatan penumpang. Hal itu dilakukan agar penumpang yang ingin mudik dapat terangkut tanpa ada yang tertinggal gagal mudik ataupun kehabisan tiket.

“Kami berharap ada dispensasi dari Kemenhub sebesar 25 persen. Kapasitas muatan kapal Pelni bisa menampung 1.250 penumpang dan apabila diberikan dispensasi masih bisa mengangkut sampai 1.500 penumpang,” kata  Kepala PT Pelayaran Nasional (Pelni) Cabang Sampit Edwin Kurniansyah, Selasa (28/3).

Bacaan Lainnya

Dengan adanya kelonggaran kebijakan pemerintah, pihaknya optimistis dapat mengangkut penumpang lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Kebijakan dispensasi muatan kapal juga perlu disesuaikan dengan alat keselamatan yang tersedia di kapal, karena ini menyangkut keamanan penumpang. Kami berharap semua calon penumpang yang berniat kapal bisa terangkut semua ke Pulau Jawa sehingga bisa merayakan Lebaran di kampung halamannya,” ujarnya.

Lebih lanjut Edwin mengatakan,  pada arus mudik Lebaran 1444 Hijriah mulai H-15 pihaknya merencanakan keberangkatan sebanyak 4 call. Yaitu pada tanggal 12 April tujuan Sampit-Surabaya menggunakan KM Kelimutu dan 3 call lainnya di tanggal 14 April menggunakan KM Lawit, 18 April menggunakan KM Leuser dan 20 April menggunakan KM Kelimutu perjalanan rute Sampit-Semarang.

Baca Juga :  Dua Depo Sampah Dibangun di Sampit Tahun Ini

“Sejak awal puasa sampai sekarang sudah banyak calon penumpang yang menanyakan jadwal keberangkatan kapal dan sebagian sudah banyak juga yang booking tiket untuk tanggal-tanggal tertentu terutama saat mendekati Lebaran. Calon penumpang yang booking tiket untuk keberangkatan tanggal 14 April menggunakan KM Lawit tujuan Sampit-Semarang sudah dibooking lebih dari 800 calon penumpang,” katanya.

Kendati demikian, jadwal keberangkatan bisa kemungkinan berubah karena dua kapal yaitu KM Kelimutu dan Leuser saat ini masih dalam tahap perawatan. Khusus untuk KM Lawit yang sudah lebih dulu menjalani pemeliharaan atau docking kapal dijadwalkan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada 13 April 2023 pukul 15.00 WIB dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Sampit pada Jumat, 14 April 2023 pukul 10.00 WIB.

Pos terkait