Lebah Mengamuk di Katingan, Puluhan Orang Kena Sengat

img 20221101 174102
SERANGAN LEBAH : Sejumlah anggota tim Rescue Pemadam Kebakaran Penyelamatan (Damkarmat) Katingan persiapan melakukan penanganan serangan lebah, Selasa (1/11). ISTIMEWA

KASONGAN, radarsampit.com – Komandan Pos Induk Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Katingan Krisna Chandra mendapat laporan dari Lurah Kasongan Lama mengenai serangan lebah di jalan Pahlawan yang berdekatan dengan SMA Negeri 2 Kasongan.

Mendapati laporan tersebut, Danpos dan Dandiv Rescue serta anggota Pos Induk Damkarmat menyambangi lokasi dan didapati bahwa kejadian tersebut mengakibatkan kurang lebih 30 warga.

Bacaan Lainnya

Baik dewasa, remaja dan anak tersengat lebah tersebut bahkan seorang siswa yang bersekolah di SMAN 2 Kasongan yang harus bercebur ke parit demi menyelamatkan diri dari kejaran lebah.

Kepala Satpol PP Kabupaten Katingan Pimanto melalui Kepala Bidang Damkarmat Yoshua Paskaputra mengatakan, setelah mendapat laporan pihaknya sigap terjun langsung ke lapangan.

“Dengan menggunakan alat perlindungan diri (APD) lengkap mengevakuasi korban ke tempat aman agar mendapatkan perawatan lebih lanjut di pusat kesehatan terdekat,” ucapnya, Selasa (1/11).

Baca Juga :  Makam Pahlawan Minun Dehen Jadi Aset Sejarah

Ia menginstruksikan kepada Danpos dan seluruh anggota Tim Gerak Cepat Rescue pada pos induk Damkarmat untuk menangani hal tersebut, agar tidak ada masyarakat yang menjadi korban lagi.

Sebagai mana nomenklatur terbaru Kemendagri bahwa petugas pemadam kebakaran bukan hanya memadamkan api kebakaran tetapi juga melakukan penyelamatan (Rescue).

“Apabila ada masyarakat diserang binatang dan laporan evakuasi sarang lebah, ular dan bantuan evakuasi korban kecelakaan bisa menghubungi pos Damkarmat terdekat,” imbaunya. (sos/fm)

Pos terkait