Menimba llmu dari Keluarga Mbah Halimah

Outing Class Pelajar Kelas 4 SDS Pesona Astra di Desa Arga Mulya

outing class 1
Pelajar kelas 4 SDS Pesona Astra melaksanakan kegiatan outing class untuk yang kedua kalinya di Desa Arga Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kamis (11/1/2024)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pelajar kelas 4 SDS Pesona Astra melaksanakan kegiatan outing class untuk yang kedua kalinya, Kamis (11/1/2024)

Kegiatan outing class kali ini sedikit berbeda dengan yang pertama. Karena kali ini, mereka mengunjungi tempat pembudidayaan kolam ikan, yang sekaligus dijadikan tempat pemancingan.

Bacaan Lainnya

Kolam budidaya dan pemancingan ikan ini terletak di tengah Desa Arga Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng yang ditempuh sekitar 20 menit dari sekolah.

Dibantu oleh pihak manajemen PT.GSPP siswa berangkat dengan menggunakan 2 bus sekolah. Cuaca yang cerah menambah asyiknya perjalanan sambil melihat pemandangan dari dalam bus.

Pukul 07.30 WIB rombongan tiba di lokasi dan disambut hangat oleh pemilik sekaligus pengelola tempat pembudidayaan dan pemancingan ikan.

“Selamat datang anak-anakku, mbah senang sekali anak-anak berkunjung ke sini. Nanti kita belajar bersama tentang budidaya ikan,” tutur Mbah Halimah.

Namun karena kondisi Mbah Haliman yang saat itu sedang kurang enak badan, maka kami ditemani oleh istri beliau yang biasa dipanggil Mbah Putri.

Baca Juga :  Ikan Budidaya DAS Arut Mulai Bermatian

Mbah Putri mengajak kami berkeliling melihat kolam sembari menjelaskan ikan apa saja yang ada di kolam tersebut. Siswa begitu antusias melihat kolam-kolam di sana.

Apalagi tempatnya cukup teduh karena dikelilingi pohon sawit yang tidak terlalu tinggi. Ada sebuah saung di pinggir kolam, yang biasa digunakan untuk beristirahat oleh pengunjung.

Di sana juga disediakan beberapa kursi pendek dari kayu (dingklik) yang digunakan untuk duduk saat memancing. Siswa pun mencoba duduk di tepi kolam dan merasakan segarnya udara hari itu.

Cuaca semakin panas, Mbah Halimah mengajak kami untuk duduk di depan dan mengobrol bersama. Beliau menjelaskan awal mula tempat ini dibangun dengan tak mengenal putus asa.

Banyak ilmu yang disampaikan termasuk tentang cara membudidayakan ikan, mulai dari ikan berukuran 3 cm hingga ikan siap dipanen.

Banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan dalam membudidayakan ikan. Beberapa diantaranya adalah makanan yang berkualitas, perputaran air serta pengaman kolamtidak boleh diabaikan.



Pos terkait