Meriahnya Festival Grebeg Budaya Desa Mekar Mulya

Festival Grebeg Budaya Desa Mekar Mulya
Festival Grebeg Budaya Desa Mekar Mulya, Lamandau

NANGA BULIK, radarsampit.com – Pemerintah Desa Mekar Mulya, Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau, kembali menggelar Festival Grebeg Budaya, Senin (28/8/2023). Kegiatan  dalam rangka memeriahkan HUT ke-35 Desa Mekar Mulya ini dirangkai dengan jalan santai.

Ribuan warga desa setempat tumpah ruah ke jalan menggunakan berbagai  kostum. Ada yang menggunakan pakaian adat Jawa, Kalimantan, hingga Papua. Ada pula yang menggunakan gaun dari bahan daur ulang hingga cosplay tokoh-tokoh pewayangan dan legenda masyarakat seperti Nyi Blorong, Gatotkaca, Maklampir, hingga Buto Ijo.

Bacaan Lainnya

Usai jalan santai berbentuk karnaval budaya, kegiatan dilanjutkan dengan rebutan gunungan hasil bumi yang merupakan sedekah masyarakat setiap RW, sebagai bentuk rasa syukur warga atas kemakmuran dan kesuburan tanah desa mereka. Selain itu juga ada fashion show peragaan busana terbaik, terlucu dan terunik.

Baca Juga :  Tiga Pembobol Alfamart di Desa Jemaras Jadi Pesakitan PN Sampit

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk menampung dan mengembangkan kreativitas masyarakat, melestarikan kebudayaan dan mengembangkan perekonomian di desa,” ungkap Kepala Desa Mekar Mulya Herlangga Triatmaja Hadiwijaya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan Desa Mekar Mulya bisa lebih maju, mandiri, gemah ripah loh jenawi.

Sementara itu Plt Camat Sematu Jaya Ahmat Alfian Aribowo mengapresiasi keguyupan masyarakat Mekar Mulya yang bahu membahu dan berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan di desa. Ia berharap kerukunan masyarakat ini selalu terjaga.

“Selain keguyupannya, dari segi pembangunan baik fisik maupun non fisik Desa Mekar Mulya sudah cukup baik. Partisipasi masyakarat dalam ikut serta membangun desa juga cukup tinggi, saya harap hasil pembangunan bisa dijaga dan dirawat,” harapnya. (mex/yit)

 



Pos terkait