MPLS Tingkat SD dan SMP di Palangka Raya Berjalan Lancar

MPLS Palangka Raya
PENGALAMAN BARU : Salah satu kegiatan MPLS di tingkat sekolah dasar di Kota Palangka Raya, dengan memberikan edukasi terkait peraturan berlalu lintas, belum lama tadi. (Istimewa)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, mengapresiasi kelancaran Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilaksanakan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di lingkupnya.

Diharapkan MPLS memberikan kesempatan bagi murid baru untuk mengenal lingkungan sekolah, memahami aturan dan norma, serta mengenal guru dan staf administrasi. Sehingga murid baru merasa lebih nyaman dan siap menghadapi tantangan baru.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani mengatakan, MPLS juga menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai murid baru. Selain itu mengembangkan interaksi positif antarmurid dan warga sekolah lainnya.

Kemudian lanjutnya, menumbuhkan perilaku positif; antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat.

Dalam rangka untuk mewujudkan  murid yang berintegritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Baca Juga :  Pemkot Palangka Raya Utamakan Layanan Kependudukan Bagi Korban Kebakaran

“MPLS dilaksanakan agar mereka bisa menjadi murid yang berkarakter baik, sehingga saat proses belajar mengajar mereka merasa nyaman dan tidak merasa asing,” ujar Jayani, Selasa (9/7/2024).

Jayani melanjutkan, MPLS juga memfasilitasi interaksi antarmurid baru, sehingga membantu dalam membangun jaringan sosial, yang dapat mendukung mereka dalam proses belajar dan adaptasi di sekolah.

Selain itu selama MPLS sekolah dapat memberikan informasi penting kepada murid baru dan orang tua mereka. Seperti jadwal pelajaran, aturan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan layanan sekolah lainnya.

Termasuk pengenalan lingkungan fisik, yakni  murid baru dapat diperkenalkan dengan bangunan sekolah, ruang kelas, perpustakaan, fasilitas olahraga, dan area lainnya. Hal ini membantu mereka merasa lebih familiar dan nyaman dengan lingkungan belajar mereka.

Jayani juga menegaskan, MPLS  tidak sekedar mengenalkan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru saja, bahkan di dalam Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) ada lima tujuan yang diharapkan dari MPLS.



Pos terkait