Muara Ubar, Dusun dengan Beragam Persoalan  

Tak Ada Listrik, Sekolah Rusak, hingga Polindes Mangkrak

sekolah rusak
BUTUH PERBAIKAN : Fasilitasi pendidikan di SDN 3 Tanah Putih Dusun Muara Ubar Kecamatan Telawang perlu perbaikan, Senin (4/3/2024). (Dok.YUNI/RADAR SAMPIT) 

Tidak ada listrik, tidak ada sinyal telepon selular. Fasilitas pendidikan dan kesehatan pun jauh tertinggal. Itulah kondisi Muara Ubar, sebuah dusun yang ditinggali 106 kepala keluarga (KK) di Desa Tanah Putih, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

YUNI PRATIWI ISKANDAR, Sampit | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Selamat Datang di Dusun Muara Ubar, tulisan tersebut terpampang di pintu masuk dusun. Pada bagian atas tulisan terdapat logo perusahaan yang menandakan bahwa papan nama tersebut dibuat oleh perusahaan yang beroperasi tidak jauh dari Muara Ubar.

Untuk menuju Dusun Muara Ubar,  harus melintasi kawasan perusahaan perkebunan sawit. Ada beberapa titik yang tergenang, sehingga menyulitkan warga untuk melintas.

Camat Telawang Deddy Jauhari mengatakan, infrastruktur di Muara Ubar masih banyak kekurangan. Pihaknya meminta perusahaan swasta untuk membantu meninggikan jalan.

”Tujuannya, masyarakat tetap bisa mengakses jalan utama saat banjir supaya mudah untuk mencari kebutuhan sehari-hari. Kalau lewat sungai, jauh,” tutur Deddy.

Baca Juga :  Rutan Kapuas Perketat Pemeriksaan Pengunjung

Dari segi kesehatan, tepat di sisi kanan dari jalan masuk ada sebuah bangunan kecil berwarna putih hijau yang merupakan polindes. Sayangnya pondok bersalin itu  tidak beroperasi karena ketiadaan tenaga medis dan fasilitas pendukung lainnya.

“Polindes yang ada belum berfungsi, tenaga kesehatan tidak ada. Fasilitas pendukung di dalamnya tidak ada. Untuk melahirkan, ranjang tidak ada,” ungkap Deddy.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kotim untuk memenuhi kebutuhan fasilitas kesehatan di polindes  Muara Ubar.

“Saya akan sampaikan ke Dinkes, biar mereka yang menginventarisir kebutuhannya, termasuk tenaga kesehatannya. Tenaga kesehatan ini dulunya sempat ada, tapi karena fasilitas pendukung tidak ada,  mereka juga kesulitan,” ungkapnya.

Fasilitas pendidikan di Dusun Muara Ubar juga bernasib sama.  SDN 3 Tanah Putih Dusun Muara Ubar Kecamatan Telawang yang terbuat dari kayu tampak tidak layak. Plafon di bagian luar dan di ruang kelas banyak yang sudah jebol, begitupula dengan meja dan kursi yang digunakan siswa banyak yang rusak.



Pos terkait