PATUT DICONTOH!!! Kenyala Bangun Jalan tanpa Dana Pemerintah

8 jalan
INFRASTRUKTUR: Kepala Desa Kenyala Sahewan Harianto saat mengawasi pelaksanaan  penimbunan jalan yang dibangun pihak ketiga.

SAMPIT, radarsampit.com – Pemerintah Desa Kenyala, Kecamatan Telawang, membuka akses jalan sepanjang  tiga kilometer tanpa menggunakan anggaran pemerintah daerah maupun  dana desa. Akses jalan yang menghubungkan beberapa RT itu kini tengah dikerjakan. Jika  dikalkulasi, pembangunan memakan dana miliaran rupiah.

Kepala Desa Kenyala Sahewan Harianto mengatakan, pembangunan jalan melibatkan sejumlah perusahaan sekitar desa. Perusahaan diajak urunan untuk membuka akses jalan yang awalnya rawa.

Bacaan Lainnya

”Jalan ini awalnya rawa, harus ditimbun. Kalau menggunakan dana desa tidak mungkin. Saya akhirnya berunding dengan sejumlah perusahaan di sekitar  dan mereka mau urunan  untuk mengerjakan  infrastruktur ini,” kata Sahewan kemarin.

Sedikitnya ada lima perusahaan yang membantu. Ada yang membantu angkutan, laterit, hingga alat  berat. “Desa enggak keluar uang, semuanya dikerjakan pihak ketiga,” kata Sahewan.

Baca Juga :  Anggota DPRD Ini Kabarkan Bakal Ada Demo Tuntut Plasma

Jalan pertama yang dibuka dan ditimbun sepanjang 1,8 kilometer dengan rata-rata timbunan 1 meter. Ada ribuan rit yang dihabisikan untuk menimbun jalan.

Kemudian akses kedua sepanjang 1,2 kilometer. Jalan itu menghubungkan RT 03 dan RT 04. Dengan adanya akses jalan ini, maka   jaringan listrik ke desa menjadi terbuka.

“Kenapa harus ada jalan ini, supaya PLN bisa masuk dan nanti tiang-tiang PLN ini akan melintasi sebagaimana jalan yang sudah dibangun dan ditingkatkan  tersebut,” kata Sahewan.

Dia menyakini kepedulian perusahaan akan membuat hubungan perusahaan dan warga sekitar bisa semakin baik. (ang/yit)

Pos terkait