Pembangunan Jalan Wisata di Kotawaringin Barat Jadi Prioritas  

jalan wisata
WISATA: Pantai Desa Keraya, Kecamatan Kumai, belum lama ini. (IST/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pembangunan jalan menjadi prioritas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kotawaringin Barat tahun ini. Diantaranya pembangunan jalan kawasan industri Surya Borneo, kawasan perdesaan prioritas nasional (KPPN), penyangga sentra pangan (food estate) dan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dan pariwisata lokal.

Kepala Dinas PUPR Kobar Muhammad Hasyim Muallim mengatakan, program prioritas yang salah satunya adalah pembangunan akses menuju kawasan wisata, merupakan komitmen pihaknya dalam mendukung program pemerintah dalam bidang kepariwisataan.  Kobar sendiri memiliki banyak destinasi wisata yang memerlukan dukungan aksesibilitas yang mudah dan nyaman sehingga dapat menunjang bangkitnya perekonomian masyarakat.

Bacaan Lainnya

Beberapa ruas jalan yang menjadi perhatian antara lain, jalan Terantang menuju Tanjung Putri, ruas Tanjung Putri hingga batas Desa Sebuai Barat.

Ruas jalan tersebut menunjang akses menuju kawasan pesisir pantai melalui jalur Kumpai Batu Bawah, Terantang, dan seterusnya. Diharapkan melalui akses ini bisa menambah alternatif masyarakat dalam menuju kawasan wisata pantai, tidak hanya melalui Kumai atau Kubu.

Baca Juga :  21 Peserta Didik PKBM Sinar Tualan Parenggean Ikuti ANBK

“Melalui pembangunan jalan ini harapan kita masyarakat akan semakin meningkatkan aktivitas yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi yang lebih baik,” jelas Hasyim.

Ruas jalan di Kecamatan Kotawaringin Lama juga tak luput dari perhatian Dinas PUPR Kobar. Seperti ruas jalan Diung-Danau Gatal, kemudian Danau Gatal- Desa Lalang.

“Desa Lalang ini merupakan salah satu desa yang masuk dalam 300 besar di Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Maka juga menjadi perhatian dalam peningkatan akses ke desa setempat,”beber Hasyim.

Dari sejumlah ruas jalan tersebut masih banyak beberapa ruas jalan yang lain, yang menjadi prioritas pembangunan di bidang Bina Marga Dinas PUPR Kobar. (tyo/yit)

 



Pos terkait