Pemkab Kobar Segera Bangun Drainase Atasi Amblesnya Makam Samari

pemakaman umum samari
AMBLAS: Taman Pemakaman Umum Samari, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Arut Selatan, kabupaten Kobar, Minggu (14/1/2024). (SULISTYO/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Belasan makam di Taman Pemakaman Umum (TPU) Samari, RT 25, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), amblas akibat tergerus air.  Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Kobar akan membangun saluran drainase di sekeliling makam.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Kotawaringin Barat, Edy Rahman mengatakan, setelah mendapat informasi adanya belasan makam yang amblas, petugas langsung melakukan inventarisasi dan menghubungi keluarga dan rukun kematian setempat untuk segera memperbaiki makam yang rusak.

Bacaan Lainnya

“Sudah kami sampaikan kepada keluarga yang makam anggota keluarganya ada di TPU Samari, selain itu kita juga hubungi rukun kematian untuk segera datang ke makam Samari,” ujarnya, Senin (15/1/2024).

Menurutnya, faktor utama runtuhnya makam di TPU Samari selain karena curah hujan yang tinggi, juga diakibatkan oleh ketiadaan drainase di area TPU. Selain itu faktor lainnya karena saat proses pemakaman tanah penimbunan jenazah belum padat sehingga ketika air menggerus tanah, makam menjadi amblas.

Baca Juga :  CATAT!!! Pemerintah Wajib Penuhi Kebutuhan Warga Isoman

Penataan akan dilakukan secara bertahap dengan melihat kebutuhan anggaran tahun 2024. “Tahun ini kita rencanakan penataan makam Samari, nanti bertahap yang mana yang akan menjadi prioritas, termasuk drainase atau parit dan sekaligus gazebonya,” pungkasnya. (tyo/yit)

 

 



Pos terkait