Pengembangan Bandara Sampit Masuk Usulan Pembangunan yang Diakomodir Pusat

bandara haji asan sampit
MASIH AMAN: jalur udara melalui bandara Haji Asan Sampit berlum terdampak kabuta sap Karhutla. (dok Radar Sampit)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Pemerintah pusat melalui Bappenas mengakomodir sebanyak 20 usulan pembangunan yang diajukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah pada pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan daerah nasional atau Musrenbangnas 2023.

Kepala Bappedalitbang Kalimantan Tengah Kaspinor dihubungi dari Palangka Raya, Sabtu, mengatakan, pada desk Musrenbangnas 2023 tersebut fokus membahas usulan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Tengah, termasuk di dalamnya usulan dari kabupaten/kota yang mendukung pelaksanaan prioritas nasional maupun proyek prioritas strategis nasional (major project/MP).

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

“Adapun dalam hal ini sebanyak 20 usulan yang terdiri dari lima prioritas nasional (bukan MP) dalam Rakortek dan 15 major project (MP) dalam Rakorgub dan Rakortek berhasil diakomodir,” terangnya.

Selanjutnya sebanyak 20 usulan yang diakomodir tersebut dibawa ke dalam pembahasan bilateral dan trilateral meeting antara Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan dan Kementerian/Lembaga terkait untuk menjadi pertimbangan dalam menyusun Rencana Kerja Kementerian/Lembaga (Renja K/L) Tahun Anggaran 2024.

Baca Juga :  Macet Parah Menuju Terowongan Nur Mentaya, Warga Usulkan Bundaran Tidar Dibongkar

Kaspinor memaparkan, 20 usulan yang diakomodir tersebut, yakni pertama adalah peningkatan kapasitas jalan nasional ruas Palangka Raya – Bagugus – Bukit Batu – Lungkuh Layang – Kalahien – Buntok – Ampah – Patas-Kandui – Bts. Kota Muara Teweh – Benangin – Lampeong- Bts. Kaltim, Kab. Barito Utara 54 km.

Kedua, peningkatan kapasitas jalan nasional ruas Palangka Raya – Simpang Kereng Bangkirai – Bereng Bengkel – Pilang – Pulang Pisau – Bts. Kota Kuala Kapuas – Bts. Kalsel 45km.

Ketiga, pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Muara Teweh, Barito Utara, keempat adalah pembangunan rusun ASN untuk tenaga kesehatan (perawat) pada Rumah Sakit Provinsi Kelas B Wilayah Barat, Seruyan yakni 44 unit, dan kelima adalah pembangunan/peningkatan drainase utama Jl. Raden Saleh, Kota Palangka Raya 4.000 m.

“Selanjutnya adalah peningkatan kapasitas IPA 10 lt/dtk SPAM IKK Dadahup, pembangunan sarana cold storage di Kawasan Shrimp Estate Desa Sei Raja Kabupaten Sukamara 100 ton, serta bantuan stimulan peningkatan kualitas rumah swadaya 13.543 unit,” jelasnya.



Pos terkait