Ratusan Hektare Lahan Holtikultura di Kotim Rusak

Setelah Terdampak Banjir

DInas Pertanian Kotim,Lahan Holtikultura,Terdampak banjir
Banjir yang melanda wilayah Kecamatan Parenggean, belum lama tadi.(dok.radarsampit)

SAMPIT, RadarSampit.com-Banjir  yang melanda sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), tercatat menyebabkan ratusan hektare lahan terdampak. Berdasarkan data Dinas Pertanian setempat,  sekitar 134 hektare lahan hortikultura terdampak banjir.

“Ada lahan pertanian yang terdampak sekitar 134 hektar hortikultura untuk banjir yang tahap 2 ini,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Sepnita.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, menyikapi hal tersebut pihaknya telah menyiapkan beberapa program-program bantuan untuk membantu meringankan beban petani yang terdampak banjir.”Ada program yang telah kita siapkan untuk membantu para petani, kita siapkan bantuan dari dana perubahan untuk lahan terdampak banjir,” ujarnya.

Lahan pertanian hortikultura yang terdampak banjir tersebut diharapkan tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap ketersediaan bahan pangan masyarakat. Oleh karena itu pemerintah kabupaten melalui Dinas Pertanian setempat berupaya mencarikan solusi terhadap permasalahan banjir berulang di lahan pertanian yang ada di wilayah ini.

Baca Juga :  Ini Ancaman Gubernur Kalteng Mengawali 2022

Sepnita menambahkan,  selain untuk membantu lahan petani yang terdampak banjir, bantuan yang diprogramkan dengan dana perubahan juga diperuntukkan membantu lahan-lahan cadangan pangan sebagaimana instruksi dari Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Bantuan itu juga untuk membantu lahan-lahan cadangan pangan yang diminta oleh Bapak Gubernur untuk disiapkan di semua kecamatan, yang 134 hektar itu yang terdampak banjir. Kalau yang lain tergantung kesiapan setiap kecamatan untuk menyiapkan lahan cadangan pangannya, dan nanti kita bantu dengan benih pertanian,”pungkasnya. (yn/gus)

 

Pos terkait