Rp100 Miliar Lebih untuk Perbaikan Jalanan Rusak di Kotim, Cek Rincian Lokasinya Disini

jalan kotim
SEGERA DITINGKATKAN: Jalan HM Arsyad yang akan segera ditingkatkan tahun ini dengan anggaran mencapai miliaran rupiah. (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Ratusan titik ruas jalan yang rusak di Kabupaten Kotawaringin Timur tahun ini akan diperbaiki. Proyek dengan total anggaran lebih Rp100 miliar itu masih proses lelang dan bakal segera dikerjakan.

”Ini masih proses lelang. Pekerjaan perbaikan jalan diperkirakan mulai dikerjakan paling cepat Juli atau Agustus ini,” kata Mentana Dhinar Tistama, Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (SDABMBKPRKP), Rabu (19/6/2024).

Dia menuturkan, perbaikan infrastruktur tahun ini tersebar di 178 ruas jalan dan 42 gang. Terdiri dari 164 ruas jalan menggunakan anggaran APBD Kotim, 11 paket dari Dana Bagi Hasil (DBH) sawit, dan tiga paket dari dana alokasi khusus (DAK).

”Semua paket kegiatan dimulai ada yang Juli dan Agustus dan berakhir targetnya harus selesai dikerjakan akhir Desember tahun ini. Perbaikan jalan yang dikerjakan bervariasi. Ada yang rekonstruksi, pengaspalan, penimbunan agregat, dan semenisasi,” kata Mentana.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas SDABMBKPRKP Kotim Nur Aina menambahkan, sebelas paket proyek perbaikan jalan yang bersumber dari DBH sawit akan dikerjakan di Jalan HM Arsyad sisi kiri timur sepanjang 2.400 meter dengan anggaran sebesar Rp 12.500.000.000. Perbaikan ruas itu merupakan pekerjaan lanjutan rekonstruksi jalan sisi kanan barat yang dikerjakan 2023 lalu.

Baca Juga :  Oknum Srikandi Wakil Rakyat Diduga Nikmati Rp 200 Juta dari Dana Desa

Kemudian, rekonstruksi jalan juga akan dikerjakan di Jalan Kapten Mulyono sepanjang 900 meter dengan masing-masing sisi kanan dan kiri dilakukan pelebaran 1,5 meter. Selanjutnya, Jalan Pemancar Metro sepanjang 2.000 meter dengan lebar 5 meter.

Jalan Samekto Barat menuju Jalan Ir Soekarno (lingkar utara) pengaspalan sepanjang 900 meter dan lebar 6 meter. Jalan Ir Soekarno (lingkar utara) – Desa Kandan diaspal sepanjang 4.400 meter dan lebar 5 meter.

Jalan Walter Condrat pengaspalan sepanjang 700 meter dan lebar 5,5 meter. Jalan Bumi Raya sepanjang 3.400 meter, dan Jalan Sawit Raya menuju Sport Center, lanjutan pekerjaan pengaspalan jalan sepanjang 1.700 meter dan lebar 5 meter.



Pos terkait