Rumah Ditinggal Mudik, Waspada Aksi Pencurian

patroli kamtibmas
PATROLI : Kabag Ops Polres Kotim Kompol Samsul Bahri memimpin kegiatan patroli Kamtibmas, beberapa waktu lalu. Dok.FAHRY/RADAR SAMPIT

SAMPIT,Radarsampit.com– Momen hari-hari besar keagamaan, seperti Lebaran dimanfaatkan Sebagian masyarakat untuk pulang kampung. Hal ini tentunya yang patut diwaspadai karena rawan aksi pencurian rumah kosong.

Kabag Ops Polres Kotawaringin Timur (Kotim) Kompol Samsul Bahri mengatakan, momen Idulfitri tahun dimanfaatkan warga pendatang untuk mudik ke kampung halaman.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Pemudik akan meninggalkan Kotim baik menggunakan moda transportasi udara maupun kapal laut.

“Kami mengingatkan masyarakat, khususnya yang hendak melakukan mudik lebaran untuk berhati-hati ketika meninggal rumah agar tidak menjadi korban kejahatan,” kata Samsul.

Polisi mengkhawatirkan bahwa para pelaku memanfaatkan momen mudik lebaran dengan mengarah ke rumah-rumah yang ditinggal pemiliknya.

Namun demikian, pencurian tersebut dapat dicegah apabila masyarakat bisa menjadi Polisi bagi dirinya sendiri.

”Pastikan rumah yang ditinggalkan dalam keadaan aman serta laporkan kepada RT setempat bahwa rumahnya ditinggal mudik,” kata Samsul.

Baca Juga :  Hampir Setahun Kematian Pegawai Rumah Sakit Belum Terungkap

Polisi berpangkat melati satu dipundak itu juga akan mengerahkan personel Bhabinkamtibmas untuk meminta RT mendata rumah yang ditinggalkan mudik oleh pemilik.

”Ini salah satu upaya kami untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat Kotim agar momen hari raya Idulfitri Tahun ini bisa berjalan dengan lancar,”  imbuhnya. (sir/fm)

 

 



Pos terkait