Rumah Warga Pesisir Kubu Ludes Terbakar

kebakaran rumah
TINGGAL ARANG: Kebakaran terjadi dipermukiman warga Jalan Bangdes, Gang Dahlan 1, RT 02, Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Minggu (15/10) (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Kebakaran terjadi di Jalan Bangdes, Gang Dahlan 1, RT 02, Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Amukan api di kawasan wisata pesisir pantai itu menyebabkan satu unit rumah jadi arang, Minggu (15/10/2023).

Warga sekitar yang mengetahui peristiwa tersebut berupaya memadamkan kobaran api yang membakar rumah milik Sarmi dengan peralatan manual.

Bacaan Lainnya

Namun hembusan angin kencang menyulitkan warga saat penanganan karena api dengan cepat merembet ke bagian-bagian bangunan dengan infrastruktur kayu tersebut.

Warga yang mengetahui bahwa pemilik rumah tidak berada di rumah saat peristiwa terjadi, berupaya menyelamatkan barang-barang yang ada dalam rumah.

Jauhnya jarak antara lokasi kebakaran dengan Mako Damkar menjadi kendala saat penanganan kebakaran, sehingga ketika unit fire dome Damkar tiba api sudah menghanguskan badan bangunan.

Baca Juga :  Heboh Surat Suara DPD RI di Kotim Terselip saat Pencoblosan

Plt Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kotawaringin Barat, Agus Dwi Suhartono menyampaikan bahwa hingga saat ini belum diketahui penyebab terbakarnya rumah warga Desa Kubu tersebut.

“Awal api menurut warga yang membantu memadamkan pertama kali muncul dari area dapur rumah, saat api membesar juga terdengar ledakan namun tidak keras dari dapur rumah korban,” ungkapnya.

Pemilik rumah yang datang belakangan setelah peristiwa terjadi membantah bahwa saat itu ada aktifitas memasak, pemilik rumah mengaku saat ia pergi tidak ada aktifitas didapurnya.

“Saat ditanyai anggota, pemilik rumah mengaku bahwa ia tidak memasak, namun dari warga mengatakan bahwa api muncul dari dapurnya,” imbuhnya.

Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka, kerugian belum bisa ditaksir namun satu unit rumah seluruhnya terbakar dan mengalami kerusakan berat. (tyo/sla)

 

 

 

 

 



Pos terkait