Tak Kantongi Visa Haji Resmi, Ratusan Jemaah Indonesia Kena Razia Pemerintah Saudi

haji 1
Jemaah haji memenuhi Padang Arafah untuk wukuf. (Media Center Haji 2023)

JAKARTA, radarsampit.com – Pemerintah Arab Saudi benar-benar menerapkan pengetatan pemeriksaan visa jemaah haji. Ratusan jemaah asal Indonesia terjaring razia di hotel-hotel yang berada di Makkah. Razia juga dilakukan terhadap bus yang melewati wilayah Ji’rona.

Video razia dari otoritas Arab Saudi tersebut, beredar luas di media sosial. Razia dilakukan mulai 24 Mei lalu. Dari video yang beredar, sejumlah jemaah yang terjaring razia dibawa ke penjara. Kemudian bus yang membawa jemaah haji ilegal, harus berhenti melewati pemeriksaan petugas haji.

Bacaan Lainnya

Video lainnya memperlihatkan sejumlah jemaah Indonesia digiring keluar dari sebuah hotel. Mereka berbaris dengan rapi. Di depan hotel sudah berjaga sejumlah petugas dari otoritas terkait Arab Saudi.

Kementerian Agama (Kemenag) masih enggan komentar, soal kasus lolosnya WNI ke Makkah tanpa visa haji tersebut. ’’Kami masih menunggu laporan dari Saudi. Kalau sudah ada kami infokan,’’ kata Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Jaja Jaelani di Jakarta Selasa (28/5/2024). Dia tidak bersedia memberikan komentar lebih jauh.

Baca Juga :  Pemkab Kotim Gelontorkan Rp9,2 Miliar Garap Jalan Jalur Pendidikan di Sampit

Adanya masyarakat Indonesia yang terjaring petugas Saudi tersebut, dibenarkan oleh Ketua Umum Kebersamaan Pengusaha Travel Haji dan Umrah (Bersathu) Wawan Suhada. Dia mengatakan belum bisa memastikan jemaah yang terjaring razia itu dari mana saja. ’’Menyebar (dari banyak wilayah Indonesia),’’ katanya.

Sementara itu Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Firman M. Nur mengatakan, Arab Saudi benar-benar menjalankan janjinya memperketat pemeriksaan jemaah dari penjuru dunia. Termasuk dari Indonesia. Dia mengatakan pemeriksaan besar-besaran itu dilakukan di Makkah pada 15 Dzulqadah sampai 15 Dzulhijjah nanti.

’’Selama 30 hari itu, selain visa haji akan kena razia,’’ katanya. Dia mengatakan Arab Saudi menjalankan dua skenario dalam penertiban jemaah haji ilegal di sana. Yaitu melakukan pemeriksaan kepada seluruh jemaah yang ada di hotel-hotel. Selain visa haji, akan langsung dijaring razia.



Pos terkait