Berharap Melahirkan Insan Pers Profesional dan Bertanggung Jawab

Dari Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan di Palangka Raya

UKW
PEMBUKAAN: Kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-21 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng oleh Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Selasa (28/5/2024). (DODI/RADAR SAMPIT)

Pers berperan penting menjaga iklim demokrasi. Perlu wartawan profesional agar tugas luhur itu berjalan sesuai aturan dan tak merugikan banyak orang. Hal tersebut dipertegas lagi dalam pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Selasa (28/5), di Palangka Raya.

DODY, Palangka Raya | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan UKW harus melahirkan wartawan atau insan pers yang benar-benar bekerja secara profesional dan bertanggung jawab. Juga harus mampu membedakan fakta dan opini, serta senantiasa berpegang teguh pada kode etik jurnalistik.

Hal tersebut jadi penegasan Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo saat membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-21 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng di Hotel Luwansa, Palangka Raya, Selasa (28/5).

Kegiatan itu dilaksanakan PWI Kalteng bersama PLN dan BUMN lainnya. Jumlah pesertanya 30 orang. Mereka mengikuti ujian tingkat muda maupun madya.

”UKW satu sarana meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan. Pada pelaksanaannya, wartawan akan diuji pengetahuan dan keterampilannya di bidang jurnalistik. Melalui UKW ini, wartawan dapat mengukur kapasitas, baik sebagai wartawan elektronik, online, maupun cetak,” ujarnya.

Baca Juga :  Banjir Pasar Kahayan Catat Sejarah Baru, Apa Itu?

Menurut Edy, UKW sangat penting, karena insan pers menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Bukan hanya membantu pemerintah mewartakan berbagai informasi penting terkait kebijakan dan pembangunan, tetapi juga memberikan kritik dan saran.

”Kemampuan mumpuni kawan-kawan insan pers akan menjadi kunci untuk menciptakan media yang kredibel atau terpercaya, yang mampu menyuguhkan pemberitaan yang berkualitas, objektif, dan berimbang bagi masyarakat,” katanya.

General Manager PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan Abdul Salam Nganro mengatakan, pihaknya mendukung penuh mencetak wartawan yang kredibel dan mampu memberikan dampak baik bagi masyarakat.

”Kami harap memberikan dampak dalam mendorong pembangunan,” katanya.

Ketua PWI kalteng Zainal mengatakan, UKW yang digelar itu merupakan kerja sama dengan BUMN. Untuk angkatan ke-21 diikuti puluhan wartawan dari seluruh Kalteng. (***/ign)



Pos terkait