TPS 39 Madurejo Jadi Lokasi Simulasi Pencoblosan di Pangkalan Bun

simulasi pemilihan
SIMULASI: Pemungutan suara di TPS 39 Kelurahan Madurejo Kecamatan Arut Selatan di gedung Sport Center Pangkalan Bun, Rabu (31/1/2024) (SYAMSUDIN/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Tempat pemungutan suara (TPS) 39 Kelurahan Madurejo yang berlokasi di gedung Sport Center Pangeran Ratu Alamsyah, Jalan Samari, menjadi lokasi simulasi pencoblosan yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kobar pada Rabu (31/1/2024).

KPU Kobar mempraktikkan pemungutan suara. Masyarakat yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS tersebut benar-benar diundang untuk datang menyalurkan hak suaranya. Termasuk para petugas di TPS 39 juga adalah petugas yang nanti akan bertugas.

Bacaan Lainnya

“Lokasinya juga memang di sini nanti, kita laksanakan di TPS 39, kita libatkan pemilih dan petugas yang nanti menjalankan tugasnya pada saat Pemilu berlangsung pada 14 Februari,” jelas Ketua KPU Kobar, Chaidir.

Simulasi yang dipraktikkan terkait berbagai kemungkinan yang akan terjadi, seperti pemilih dari luar daerah, kemudian pemilih dengan penyandang disabilitas, ada juga pemilih yang memilih melebihi waktu atau batas yang ditetapkan.

Baca Juga :  Pos Penyekatan Kalteng-Kalbar Diaktifkan Kembali

Melalui simulasi ini akan diketahui bagaimana para petugas menyikapi berbagai persoalan yang akan dihadapi di lapangan. Dalam simulasi juga dilaksanakan seperti layaknya pemilu sungguhan baik waktu pemungutannya, tatacara pengaturan pemilih ketika datang hingga penghitungan suara.

“Kita ini sampai malam, karena simulasi kita buat seperti layaknya pemungutan suara sebenarnya. Hanya surat suara yang berbeda, namun kita buat persis. Nama caleg dan partainya saja kita ubah di surat suaranya, tidak sama,” ungkap Chaidir.

Pada kegiatan simulasi ini juga melibatkan seluruh partai politik peserta pemilu termasuk forkopimda dan masyarakat juga dilibatkan. (sam/yit)

 

 

 



Pos terkait