Waspada Aksi Kejahatan di Bulan Ramadan

Kompol Samsul Bahri
Kapolsek Ketapang Kompol Samsul Bahri

SAMPIT – Ramadan yang sangat dinanti umat muslim hanya tinggal menghitung hari saja. Masyarakat diimbau waspada tindak kriminalitas selama bulan puasa.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Ketapang, Kompol Samsul Bahri menyampaikan imbauan kepada masyarakat di wilayah hukumnya. Para pelaku kriminalitas tidak mengenal kapan pun akan melakukan aksinya, meski pun itu dilakukan pada bulan puasa.

”Dari beberapa kasus, justru kejahatan marak di bulan puasa. Kami tidak mengharapkan itu terjadi, tapi yang terpenting adalah meningkatkan kewaspadaan yang harus dikedepankan,” kata Samsul saat dibincangi Radar Sampit, Selasa (29/3).

Dijelaskannya, ketika melaksanakan salat tarawih di Masjid, masyarakat wajib memastikan rumah terkunci dengan rapat saat ditinggalkan.

Kemudian, simpanlah barang berharga di rumah  di tempat yang aman dan rahasia. Dan tak kalah pentingnya lagi, jangan meletakkan kendaraan secara sembarangan.

”Motor juga jangan lupa berikan kunci ganda, atau masukan ke dalam rumah, dan jangan lupa juga mencabut kuncinya usai berkendara. Lebih bagus lagi, pasang kamera pengawas CCTV di rumah,” pintanya.

Baca Juga :  Gaga-Gara Cincin, Jari Tangan Anak Bengkak

Sebagai aparat yang bertanggung jawab terhadap wilayahnya, Samsul beserta jajaran akan menggalakan patroli malam, baik mengantisipasi tindak kriminalitas, maupun kenakalan remaja.

Kendati demikian, ia juga minta masyarakat bisa ambil peran salah satunya dengan mengaktifkan sistem keamanan lingkungan.

Kepada masyarakat, Kapolsek Ketapang mengajak berama-sama bahu membahu untuk menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif. Dan mengimbau tingkatkan lagi kewaspadaan terhadap segala bentuk aksi kriminalitas.

Pos terkait