Waspadai Potensi Banjir di Katingan

Tim pengawas saat mendeteksi potensi luapan air dan banjir
Tim pengawas saat mendeteksi potensi luapan air dan banjir pada Sungai Katingan, Jumat (5/5). (hari/radarsampit)

KASONGAN, RadarSampit.com-Mengantisipasi bencana banjir di Kabupaten Katingan pihak pemerintah daerah dan polres, rutin melakukan pengecekan ketinggian air pada Sungai Katingan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan Markus mengatakan, tindakan ini sebagai langkah awal dalam mewaspadai kenaikan debit air sungai. Selain itu, Pemkab nanti dapat mendeteksi dan mengetahui seberapa besar potensi bencana banjir.

Bacaan Lainnya
Gowes

“Untuk saat ini ketinggian air terpantau dalam keadaan normal dan dipastikan potensi banjir tidak sampai terjadi. Meskipun demikian, pemerintah daerah tetap mengingatkan masyarakat yang bertempat tinggal dekat bantaran sungai, ” Katanya, Jumat (5/5).

Sementara itu Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana menegaskan, waspadailah perkembangan volume air sungai. Maka, dengan adanya pemantauan dan pelaporan Ini, dapat meminimalisir jumlah korban, baik jiwa dan harta benda apabila bencana terjadi.

Baca Juga :  CATAT!!! Lahan Petani Kotim Kebanjiran Bakal Dibantu Bibir Sayur

“Kami akan memberikan peringatan dini kepada warga. Bahkan, selalu melakukan komunikasi kepada instansi terkait,” tandasnya.

Menurutnya, seluruh stakeholder terkait terus melakukan upaya navigasi terhadap banjir. Sehingga, bencana banjir jangan sampai terulang kembali, seperti pada tahun 2020 dan 2021 silam. (sos/gus)



Pos terkait