11 November Jadi Hari Jomblo Sedunia, Begini Kisah Dibaliknya!

jomblo
Ilustrasi Jomblo (net)

Hari Ini 11 November diperingati sebagai hari jomblo sedunia atau World’s Sigle Day, seperti apa awal mulanya Hari Jomblo ini ditetapkan dan diperingati?

Semula, Hari Jomblo Sedunia ini dirayakan secara tidak resmi oleh empat mahasiswa Nanjing University China yang hendak melepaskan diri dari keresahan karena tidak punya pasangan. Dikutip dari Investopedia (10/9/2022)

Pada 1993, empat mahasiswa itu memutuskan untuk merayakan Single’s Day pada tanggal 11 November, karena mereka pikir angka 1 melambangkan kehidupan yang single atau jomblo.

Selain itu, gagasan di balik pemilihan tanggal adalah tanggal tersebut terdiri dari empat angka 1 yang menyimbolkan sebuah kesendirian alias jomblo.

Para mahasiswa yang tinggal di asrama Mingcaowuzhu ini kemudian berpikir tanggal tersebut mirip dengan mereka berempat, lajang.

Sehingga, 11 November tersimbolisasi menjadi 11/11 sekaligus disepakati sebagai Hari Jomblo Sedunia.

Sebagai informasi, nama untuk Singles Day ini secara harfiah diterjemahkan dari Bahasa China sebagai “Hari Empat Tongkat”. Kegiatan ini kemudian menyebar ke lingkup universitas lain dan menarik bagi laki-laki maupun perempuan. (*)

Baca Juga :  Begini Upaya Pemkab Kotim Antisipasi Penyebaran Wabah PMK

 

 



Pos terkait