2.901 Pemudik Jalur Sampit Bertolak ke Jawa

mudik jalur laut
SIAP BERANGKAT: Pemudik dari Pelabuhan Sampit memasuki kapal yang siap berangkat menuju Surabaya, Selasa (2/4/2024). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Aktivitas mudik di Pelabuhan Sampit terus meningkat. Memasuki H-8 Lebaran, Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit mencatat sebanyak 2.901 penumpang dari Pelabuhan Sampit bertolak ke Jawa.

”Kemarin (Senin, 1/4/2024) ada 116 penumpang yang turun dan siang ini tercatat 1.415 penumpang yang berangkat jam 11 siang menggunakan KM Lawit tujuan Tanjung Perak Surabaya,” kata Gusti Muchlis, Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Kepelabuhanan KSOP Kelas III Sampit Gusti Muchlis yang juga Ketua Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran 1445 Hijriah, Selasa (2/4/2024).

Bacaan Lainnya

Selama angkutan Lebaran, lanjutnya, Pelabuhan Sampit melayani 9 call keberangkatan menggunakan kapal dari PT DLU dan PT Pelni.

”Terhitung H-15 (26 Maret 2024) sudah ada tiga call keberangkatan dan update sampai H-8 Lebaran ini terdata ada 594 penumpang turun dan 2.901 penumpang yang berangkat,” kata Muchlis.

Dia melanjutkan, keberangkatan kapal laut dalam kondisi cuaca aman, sehingga tidak terjadi keterlambatan keberangkatan.

Baca Juga :  Cegah Disintegrasi Bangsa Jelang Pemilu

”Kami selalu berkoordinasi dengan BMKG untuk memantau situasi cuaca di Kotim. Jadwal keberangkatan yang ditentukan operator jasa pelayaran juga sudah mengestimasikan kondisi cuaca, terutama pasang surut air, sehingga sejauh ini keberangkatan kapal berjalan lancar,” ujarnya.

Muchlis menambahkan, untuk mengurai tumpukan penumpang, proses check in dibuka sejak pukul 07.00 WIB. Ribuan penumpang diarahkan masuk kapal dua jam sebelum keberangkatan.

”Tidak ada penumpukan. Penumpang yang sudah check in langsung diarahkan masuk ke kapal dan menunggu keberangkatan, sehingga tidak terjadi penumpukan di terminal tunggu penumpang,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Mentaya Ipda Agus Setiawan memastikan arus mudik penumpang berjalan aman dan lancar.

”Ada 30 personel gabungan dari berbagai instansi terkait siaga di terminal, tangga naik kapal, dan di posko untuk memastikan kedatangan dan keberangkatan penumpang kapal berjalan lancar,” ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau calon penumpang agar waspada dan tidak meninggalkan barang bawaannya. Selain itu, melakukan check in lebih awal agar tidak ketinggalan keberangkatan kapal.



Pos terkait