Pertarungan Pilkada Kotim Bakal Sengit Jika Halikinnor dan Irawati Saling Berhadapan

halikinnor vs irawati
Ilustrasi Halikinnor vs Irawati

SAMPIT, radarsampit.com – Peta politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kotim belum banyak berkembang. Selain penantang petahana yang belum terlihat, bursa bakal calon masih berkutat di seputaran petahana, Halikinnor dan Irawati. Peluang keduanya berlanjut maupun pecah kongsi masih sama-sama besar.

Radar Sampit mencatat, dua sosok yang digadang-gadang bakal kembali maju itu belum memberikan penegasan akan berlanjut pada periode kedua. Halikinnor dan Irawati secara terpisah kepada wartawan beralasan, keputusan maju kembali tergantung partai pengusung; PDIP.

Bacaan Lainnya

Baik Halikinnor maupun Irawati tak memberi penegasan akan berjuang mempertahankan duet tersebut untuk bertarung dalam Pilkada Kotim tahun ini. Keduanya hanya melempar pernyataan tak pasti bisa kembali maju. Tak menutup kemungkinan pula bisa saling berhadapan.

Baca Juga :  Lanjut atau Pecah Kongsi? Harati Jilid II Masih Misteri

Hal itu berdasarkan pernyataan Irawati Senin (2/4/2024) lalu, yang menyebut kesiapannya jika diusung sebagai calon bupati oleh partai yang menaunginya.

”Perintah partai harus saya jalankan apa pun itu. Mau nanti perintah partai saya tetap jadi wakil atau jadi calon bupati, saya harus siap. Saya berharap partai tetap merekom saya bersama Harati,” kata Irawati.

Demikian pula Halikinnor. Bupati Kotim aktif ini juga tak memberi penegasan akan mempertahankan duetnya bersama Irawati. ”Bisa saja saya sebut bersama Irawati maju kembali, namun belum tentu, bisa saja saya tidak maju nyalon lagi. Entah karena sakit, kita tidak tahu,” katanya, beberapa waktu lalu.

Tak adanya penegasan, membuat isu pecah kongsi berembus. Apalagi Irawati terang-terangan menyebut ada pihak yang mencoba melobi atau menggandeng dirinya untuk maju Pilkada Kotim. Namun, dia menyebut lobi-lobi itu biasa menjelang pesta demokrasi.

”Namanya untuk meramaikan pilkada. Hal itu sudah biasa. Komitmen saya, kalau memang Harati bisa lanjut Jilid II, ayo jalan,” kata Irawati.

Adapun Halikinnor, disebut-sebut layak berpasangan dengan Fahrurrahman. Isu itu berembus seiring masa jabatan Sekda Kotim tersebut yang akan segera berakhir.



Pos terkait