Ambil Risiko Tinggi Rayakan HUT RI

Kibarkan Merah Putih di Puruk Sandukui

panjat
SERAHKAN BENDERA: Bupati Gumas Jaya S Monong menyerahkan bendera kepada perwakilan tim Skyger Vertical Voyage yang akan melakukan ekpedisi panjat tebing Puruk Sandukui Gunung Mas, Kamis (12/8). (DISKOMINFO SANTIK FOR RADAR SAMPIT)

KUALA KURUN – Skyger Vertical Voyage Indonesia merupakan tim ekspedisi yang akan melakukan panjat tebing hingga ke puncak Puruk Sandukui, di Desa Tumbang Hatung, Kecamatan Miri Manasa, Kabupaten Gunung Mas (Gumas).

”Ekspedisi ke puncak Puruk Sandukui ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT RI ke-76. Ketika di puncak, akan dikibarkan bendera merah putih dan bendera lambang gumas,” ucap Ketua Tim Skyger Vertical Voyage Indonesia Dadeng Mulyana, Kamis (12/8).

Bacaan Lainnya

Selain itu, lanjut dia, ekspedisi ini juga untuk perintisan jalur menuju ke puncak Puruk Sandukui, dengan membuat jalur bagus dan tersedia jalur permanen untuk dipanjat. Tentu ini akan lebih memudahkan pemanjat sampai ke puncak tanpa harus membawa peralatan yang banyak.

”Untuk sampai ke puncak, diperlukan waktu sekitar sembilan hari. Personel yang berangkat, yakni dari Bandung tujuh orang, Jakarta satu orang, juga ada atlet panjat tebing enam orang, dan tim dokumentasi dua orang,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab Kotim Beri Bonus Liburan Paskibraka, Segini Besar Anggarannya

Sementara itu, Bupati Gumas Jaya S Monong mengatakan, ekspedisi ke puncak Puruk Sandukui merupakan salah satu cara mempromosikan pariwisata di Gumas. Hal itu sejalan dengan program smart tourism, yaitu pariwisata yang cerdas.

”Kita harus mempromosikan daerah ini dengan pariwisata. Salah satunya, yakni dengan ekspedisi ke puncak Puruk Sandukui,” ujarnya.

Dia meminta tim ekspedisi agar sebelum mendaki ke puncak Puruk Sandukui, harus mengecek kembali peralatan keamanan. Ekspedisi tersebut menantang adrenalin dengan risiko yang sangat tinggi.

”Jika memerlukan suatu hal, tim ini bisa berkoordinasi dengan tim yang ada di Gumas. Harus permisi dulu sebelum mulai memanjat. Keselamatan adalah hal utama,” tandasnya. (arm/ign)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *