Arus Balik Mulai Meningkat, Ribuan Orang Tiba di Sampit 

arus balik lebaran
KEDATANGAN: Penumpang turun kapal setelah berlayar dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan tiba di Pelabuhan Sampit, Kamis (18/4/2024). (Istimewa)

SAMPIT, radarsampit.com – Libur Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah telah usai. Warga perantauan atau warga yang sudah menetap di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kembali bekerja beraktivitas seperti biasa mulai pekan ini.

Ribuan penumpang kapal yang mudik ke Pulau Jawa juga sudah berangsur-angsur kembali ke Sampit.

Bacaan Lainnya

Pantauan Radar Sampit, KM Leuser milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) sandar di Pelabuhan Sampit mengangkut penumpang dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebanyak 887 penumpang.

”Kedatangan kapal yang dijadwalkan tiba pukul 17.00 WIB, tiba lebih cepat pukul 16.00 WIB. Penumpang yang turun sebanyak 887 orang semua tiba di Pelabuhan Sampit dengan selamat,” kata Gusti Muchlis, Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Kepelabuhanan KSOP Kelas III Sampit yang juga Ketua Posko Terpadu Angkutan Lebaran.

Muchlis mengatakan, KM Leuser akan dijadwalkan berangkat pukul 12.00 WIB Jumat (19/4/2024), tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

”Jumlah penumpang yang akan berangkat besok belum kami terima informasinya. Jumlah penumpang yang berangkat pada H+9 Lebaran mungkin masih banyak, hanya saja tidak sebanyak saat keberangkatan arus mudik sebelum Lebaran,” katanya.

Baca Juga :  Gerakan Pangan Murah Diserbu Warga

Sebagai informasi, pada arus mudik Lebaran lalu, KSOP Kelas III Sampit mencatat ada sebanyak 9.900 penumpang yang berangkat dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Tanjung Perak Surabaya.

Kemudian, 2.077 penumpang turun di Pelabuhan Sampit yang dilayani oleh dua operator jasa pelayaran dari PT Pelni sebanyak 4 call dan PT Dharma Lautan Utama (DLU) sebanyak 6 call.

Adapun pada arus balik Lebaran, terhitung H+4 Lebaran (14 April 2024) terpantau jumlah penumpang KM Kelimutu dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang turun di Pelabuhan Sampit sebanyak 261 penumpang. KM Kelimutu kemudian dijadwalkan berangkat Senin (15/4) lalu sebanyak 1.138 penumpang.

Pada H+5 atau Senin (15/4) KM Kirana III milik PT DLU mengangkut penumpang dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan tiba di Pelabuhan Sampit menurunkan 480 penumpang. Kemudian, dijadwalkan berangkat Selasa (16/4) menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan mengangkut penumpang sebanyak 671 orang.



Pos terkait