ASTAGA!!! BBM Ilegal Dipasok ke Tambang Liar

TNI AL Gagalkan Penyelewengan Ratusan Drum Solar Subsidi

tni al tangkap bbm solar ilegal
BBM ILEGAL: Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko melihat baramg bukti drum berisi solar yang diduga akan diselewengkan. (ALEXANDER/RADAR SAMPIT)

KUALA KAPUAS, radarsampit.com – TNI Angkatan Laut (AL) Danlanal Banjarmasin mengamankan ratusan drum bahan bakar minyak (BBM) jenis solar. Barang subsidi tersebut dibawa kapal kayu KM Berkat Usaha dan KM Berkat Hidayah Putri di Sungai Kahayan, Kelurahan Mambulau Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M Tr Hanla mengatakan, BBM sebanyak 194 drum tersebut diamankan berkat laporan masyarakat. Berbekal laporan itu, personelnya melakukan patroli dari Dermaga Alpung Trisakti Lanal Banjarmasin menuju perairan Sungai Kahayan, Kapuas.

Bacaan Lainnya

”Setelah dilaksanakan penyelidikan dan pendalaman oleh Tim Lanal Banjarmasin, saya memerintahkan satuan staf operasi untuk melaksanakan penindakan ke daerah sasaran, yaitu dua kapal yang membawa solar subsidi,” katanya, Jumat (12/8).

Dia melanjutkan, pihaknya langsung memeriksa dua kapal tersebut saat sandar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Bunker (SPBB) milik Hajjah Aisyah Huri. ”Saat proses lepas tali, ditemukan muatan di atas kedua kapal berupa drum terisi penuh (solar). Masing-masing kapal ada 97 drum, yang akan dibawa menuju Kecamatan Pujon. Kapal, nakhoda, dan dokumen lalu diamankan guna proses lebih lanjut,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemerasan Berkedok Parkiran, Terduga Preman SPBU Punya Kartu Juru Parkir Legal

Perwira tiga melati di pundak ini mengungkapkan, modus operandi penyelewengan itu, yakni pelaku membeli BBM di SPBB PT Hajjah Aisyah Huri dengan harga Rp 9.000 per liter, lalu dikirim ke Kecamatan Pujon dan dijual lagi dengan harga antara Rp 10.000 – Rp 11.000 per liter pada warga. Sebagian besar dijual ke lokasi tambang liar.

Pos terkait