AWAS SUHU PANAS!!! Hindari Paparan Matahari Langsung

suhu panas
Ilustrasi. (net)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Pemerintah Kota Palangka Raya mewaspadai potensi cuaca panas ekstrem yang termasuk daerah kategori suhu tertinggi se-Indonesia. Warga diminta mencegah dampak buruk cuaca ekstrem tersebut dengan melakukan sejumlah antisipasi.

”Kami memperhatikan peringatan cuaca dari BMKG bahwa sinar Ultraviolet (UV) kategori ekstrem yang melanda wilayah Kota Palangka Raya dari tanggal 24 April 2023, di mana Kota Palangka Raya mencapai suhu tertinggi se-Indonesia, yaitu 35,6 derajat Celcius,” kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Jumat.

Bacaan Lainnya

Untuk meningkatkan kewaspadaan itu, ia juga telah mengeluarkan surat imbauan terhadap masyarakat dalam rangka terhindar dari dampak cuaca panas tersebut. Di antaranya, minum air yang banyak untuk mencegah dehidrasi minimal dua liter sehari dan tak menunggu haus untuk minum.

”Hindari paparan sinar matahari langsung antara pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Gunakan topi atau payung apabila di luar ruangan, dan sebisa mungkin berteduh,” katanya.

Baca Juga :  Community 2 Stroke Centra Borneo Tolak Geng Motor

Selain itu, memakai baju yang berbahan ringan dan longgar, serta menghindari menggunakan baju berwarna gelap agar tidak menyerap panas.

”Gunakan ‘sunscreen’ dengan kandungan minimal 30 SPF pada kulit yang tidak tertutup oleh baju sebelum keluar rumah. Ulangi setiap dua jam, apabila setelah berenang atau berkeringat,” katanya.

Masyarakat juga diminta tidak meninggalkan siapa pun di dalam kendaraan dalam kondisi parkir, baik dengan jendela terbuka maupun tertutup, serta menghindari mengonsumsi minuman berkafein, minuman berenergi, alkohol dan minuman manis, sebab minuman tersebut bersifat diuretic atau memperparah dehidrasi.

”Juga selalu sediakan botol semprot air yang dingin di dalam kendaraan. Jaga selalu kondisi tubuh dengan cukup istirahat dan tidur,” katanya.

Masyarakat juga diminta waspada apabila mengalami gejala keringat berlebih, kulit terasa panas dan kering, rasa berdebar atau jantung terasa berdetak lebih cepat, kulit terlihat pucat, kram pada kaki ataupun perut, mual, muntah, pusing, dan urine yang sedikit, serta berwarna kuning pekat.



Pos terkait