BKSDA Evakuasi Orangutan dari Komplek Bandara 

evakuasi orang utan
EVAKUASI ORANGUTAN: Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun,bersama Orangutan Foundation Internasional (OFI), mengevakuasi satu individu Orangutan jantan di komplek Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Minggu (11/6/2023). (Istimewa/Radar Sampit)
PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun,bersama Orangutan Foundation Internasional (OFI), mengevakuasi satu individu Orangutan jantan di komplek Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Minggu (11/6/2023).
Kepala BKSDS SKW II Pangkalan Bun, Dendi mengatakan evaluasi dilakukan sore hari berkisar pukul 17.00 wib lebih. Orangutan tersebut diamankan dengan cara dibius kemudian saat ini dibawa ke kantor BKSDA untuk di periksa terlebih dahulu kondisinya. “Saat ini kita amankan dulu, kita lakukaN Pemeriksaan untuk mengetahui kondisinya,” kata Dendi.
Orangutan besar ini berjenis kelamin jantan, dengan berat 75,65 kg. Jenis orangutan Pongo Pygmaeus, diperkirakan berusia sekitar 25 tahun. “Lokasi rescue berada di ujung runway 31 Lanud Iskandar Pangkalan Bun. Saat ini orangutan berada di kandang transit SKW II Pangkalan Bun, dan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tim medis OFI,” terang Dendi.
Ia juga menyebut, evakuasi dibantu dari pihak Lanud Iskandar. Ia mengimbau kepada warga yang melihat adanya orangutan dikebun atau dilokasi yang bukan habitatnya agar berkoordinasi dengan BKSDA agar segera dilakukan penanganan lebih lanjut. Seperti diketahui Orangutan adalah hewan dilindungi dan dijaga populasinya agar tidak punah. (sam/sla)


Baca Juga :  Viral Aksi Warga Kalteng Tangkap Buaya di Kebun Sawit

Pos terkait