Bupati Kotim Minta Ibu Hamil Rutin Periksa Kandungan

bupati kotim halikinnor
Bupati Kotim Halikinnor

SAMPIT, radarsampit.com – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengajak ibu hamil untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan kandungan. Akan ada hadiah bagi ibu hamil yang rutin memeriksakan kandungan.

Halikinnor meminta tenaga kesehatan (nakes) di setiap fasilitas layanan kesehatan (faskes) di Kotim untuk memberikan pelayanan optimal dan mendata ibu hamil yang memang rutin periksa kesehatan kandungan.

Bacaan Lainnya

“Saya minta ibu hamil yang sering datang ke posyandu atau tempat layanan kesehatan didata, nanti akan saya berikan hadiah,” ucapnya.

Hadiah tersebut untuk motivasi ibu hamil rutin memeriksakan kandungan. Hadiah berupa uang tunai hingga kendaraan roda dua.

”Pemberian hadiah itu untuk motivasi,  dan ini juga sebagai inovasi agar semakin banyak yang datang ke posyandu,” tuturnya.

Pemeriksaan kehamilan dilakukan untuk memastikan kesehatan yang optimal bagi ibu hamil dan bayi di dalam kandungan. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan begitu seorang ibu tahu ia mengandung, sehingga segala kemungkinan risiko yang muncul dapat segera ditanggulangi. Hal ini juga erat kaitannya dengan pencegahan stunting sejak dini.

Baca Juga :  Positif Pakai Narkoba, Pengunjung THM Hanya Buat Surat Pernyataan

”Memeriksakan kesehatan sejak awal kehamilan itu sangatlah penting. Kalau sejak awal dilakukan pemeriksaan kandungan maka kedepannya generasi kita tidak ada yang kekurangan gizi,” tandasnya.

Menurutnya, permasalahan tingginya angka stunting di Kotim karena angka kunjungan masyarakat ke Posyandu masih sangat rendah. Oleh karena itu, Halikinnor berencana mengunjungi posyandu untuk mendorong masyarakat datang ke posyandu.

“Kunjungan ke posyandu  masih kurang. Jadi saya akan ke posyandu-posyandu. Ini inovasi, biar mereka semangat. Jadwalkan saya datang ke posyandu tiap kecamatan. Minimal satu atau dua posyandu dikunjungi,” pungkasnya.

Pos terkait