Cara Membedakan Oli Palsu dan Asli

Cara Membedakan Oli Palsu dan Asli
Ilustrasi

Salah satu komponen penting untuk kendaraan adalah pelumas, atau oli. Dalam memilih oli pastinya harus sesuai dengan karakter mesin mobil yang Anda miliki dan yang paling penting pilih produk pelumas yang asli.

Pasalnya masih banyak beredar oli palsu di Indonesia yang akan menyebabkan mesin kendaraan akan “rontok”. Bahkan terkait peredaran oli palsu Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskimsus) Polda Kalimantan Selatan bersama Satreskrim Polresta Tangerang berhasil membokar sindikat oli palsu.

Penggerebekan gudang oli palsu yang berlokasi di Jalan Raya Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang beberapa pekan lalu (8/12) mendapati 32.844 botol oli palsu. Pastinya banyak kekhawatiran apakah kendaraan Anda secara tidak sengaja menggunakan oli palsu karena ketidak tahuan.

Dalam membedakan oli palsu atau asli memang cukup sulit bila diperhatikan secara kasat mata. Efeknya bisa dirasakan beberapa hari kemudian akan timbul keanehan setelah menggunakan oli palsu. Biasanya suara mesin menjadi kasar, tarikan kendaraan juga lebih berat saat di gas.

Sebagai informasi oli palsu tidak memiliki zat aditif khusus dan murni seperti pada oli asli yang intinya untuk memproteksi material komponen mesin saat terjadi gesekan saat mesin dioperasikan.

Baca Juga :  Android dan iOS Lawas yang Tak Lagi Bisa Pakai WhatsApp

Penggunaan oli palsu akan mengakibatkan rusaknya mesin kendaraan terutama pada piston, rocker arm dan camshaft akan cepat rusak.

Sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar Anda tidak tertipu dengan oli palsu. Pertama, Anda harus memeriksa nomor produksinya, pada umumnya, produsen oli menyertakan nomor identifikasi di dua tempat berbeda. Yaitu ada pada tutup botol dan kemasan dan biasanya rapi dan sejajar.

Dua nomor kode produksi, yakni di tutup botol yang disegel dengan yang di botolnya itu sama. Jadi kalau ada perbedaan angka antara yang ditutup dan di botol, wajib Anda curiga dan itu bisa diduga oli palsu.

Langkah kedua, label oli palsu umumnya jelek karena berkualitas rendah dan umumnya dari bahan stiker bontax standar. Bila dibanding label oli asli terlihat jauh perbedaannya, bahkan botol kemasannya terlihat tidak halus dan kusam.



Pos terkait