CATAT!!! Pasar Murah di Sampit Bakal Digelar di Tanggal Ini

bupati kotim pantau harga
PANTAU HARGA: Bupati Kotim Halikinnor saat meninjau harga di pasar PPM Sampit beberapa waktu lalu. (DOK.YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan melaksanakan pasar murah yang akan digelar di Pasar Eks Mentaya Sampit, tepatnya akhir bulan ini.

Bupati Kotim Halikinnor melalui Sekda Kotim Fajrurrahman mengatakan, pelaksanaan pasar murah tersebut digelar dalam rangka membantu dan meringankan beban masyarakat menghadapi kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok yang terjadi belakangan ini.

Bacaan Lainnya

”Digelarnya pasar murah  bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat terutama masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok sehari-hari,” ujarnya.

Pasar murah yang dilaksanakan Pemkab Kotim melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kotim bersama Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) rencananya akan dilaksanakan pada 30 dan 31 Agustus 2022.

”Pasar murah bahan pokok berupa bawang merah, lombok atau cabai rawit, dan telur ayam ras. Harga bahan pokok tersebut akan dijual mengikuti harga pasar pada saat ini,” sebutnya.

Baca Juga :  Hasil Penelitian Fase 3 di Turki Naik, Sinovac Manjur 83,5 Persen

Pemerintah daerah dan BI perwakilan Provinsi Kalteng akan memberikan atau membantu subsidi masing-masing bahan pokok tersebut kepada masyarakat, dengan besaran bawang merah sebesar Rp 10.000/kg, cabai rawit disubsidi 10.000/kg, dan telur ayam ras disubsidi Rp 5000/sap.

”Kami minta kepada Camat Mentawa Baru Ketapang dan Camat Baamang untuk menyosialisasikan rencana kegiatan tersebut, serta menyebarkan kupon pasar murah kepada masyarakat sekitar melalui kelurahan setempat,” terangnya.

Kegiatan pasar murah ini diharapkan mampu menstabilkan harga dalam rangka pengendalian inflasi di Kotim. Dengan harga terjangkau, masyarakat mempunyai kesempatan untuk memenuhi kebutuhannya.

Sementara itu, harga telur ayam di pasaran saat ini telur ayam ras ukuran sedang Rp 60 ribu/sap, ukuran besar Rp 62 ribu, ukuran jumbo Rp 64 ribu, bawang merah Rp 35 ribu/kg, sedangkan lombok atau cabai rawit Rp 50 ribu/kg. (yn/ign)

Pos terkait