Cegah Gangguan di Sel Tahanan, Ini yang Dilakukan Polresta Palangka Raya

Penjagaan ketat dan pengawasan ekstra diberlakukan di ruang tahanan Mapolresta Palangka Raya
PASTIKAN AMAN: Propam dan Samapta Polresta Palangka Raya rutin mengecek langsung sel tahanan di Mapolresta. (IST/RADAR PALANGKA)

PALANGKA RAYA – Penjagaan ketat dan pengawasan ekstra diberlakukan di ruang tahanan Mapolresta Palangka Raya. Hal tersebut sebagai bentuk antipasi gangguan maupun kericuhan. Sekaligus, memastikan keamanan dan kenyamanan para penghuni sel tahanan.

Wakasat Samapta Polresta Iptu Ketut Warsa mengatakan, pengecekan dan pengawasan ketat dari Samapta Polresta merupakan prosedur standar. Dengan melaksanakan pemeriksaan langsung, dipastikan semua berjalan lancar dan tidak ada potensi gangguan maupun kericuhan di ruang tahanan selama mereka berada di dalam sel menjalani proses penyidikan.

Bacaan Lainnya

”Pengecekan ini dilakukan guna mencegah segala bentuk kerawanan, seperti memasukkan barang-barang terlarang, tahanan yang sakit hingga mengantisipasi kaburnya tahanan,” kata Ketut.

Ketut melanjutkan, selain memastikan para tahanan, pihaknya mengingatkan personelnya yang berjaga agar selalu waspada dan berhati-hati saat bertugas. Pihaknya juga mengingatkan prokes selalu ditaati meskipun dalam kondisi terbatas.

”Jangan lengah saat menjaga ruang tahanan. Selalu waspada dan lakukan pengecekan secara berkala. Apabila terjadi gangguan keamanan, segera laporkan kepada piket SPKT atau Perwira Pengawas,” tegasnya.

Baca Juga :  Dua Hari Berturut-turut, Dua Jenazah Lansia Ditemukan

Sementara itu, langkah serupa juga dilakukan Seksi Propam. Kasi Propam Ipda Yudi Wahyudi mengatakan, personelnya juga melakukan pengecekan pada peralatan maupun perlengkapan yang diinventariskan kepada personel dari Satsamapta dan Sattahti yang bertugas piket menjaga tahanan.

”Beberapa barang inventaris dinas Polresta Palangka Raya memang diserahterimakan kepada petugas piket jaga tahanan, seperti APAR, gembok, senpi beserta amunisi dan thermogun yang seluruhnya dalam keadaan baik,” katanya.

Selain mengandalkan personel yang berjaga, ruang tahanan di Mapolresta Palangka Raya juga dipasangi CCTV guna memantau kondisi keamanan dan aktivitas para tahanan.

Pos terkait