Dari Peringatan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng

Sugianto Sabran Dongkrak APBD dari Rp3,43 triliun Jadi Rp8,79 Triliun

HUT Kalteng
BANYAK CAPAIAN: Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Wagub Kalteng Edy Pratowo. (Istimewa)

Provinsi Kalimantan Tengah telah berusia 67 tahun. Silih berganti kepemimpinan, Bumi Tambun Bungai terus melangkah maju. Termasuk pada era pemerintahan Gubernur Kalteng Sugianti Sabran dan Wakil Gubernur Edy Pratowo.

DODI, Palangka Raya | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Selama delapan tahun memimpin Kalteng, Sugianto mengatakan, roda pembangunan di Kalteng berjalan dengan baik. Pembangunan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Menurut Sugianto, peringatan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng dapat dijadikan sebagai pendorong utama mengokohkan semangat persaudaraan dan persatuan bernapaskan Falsafah Huma Betang. Untuk bersama-sama bergotong royong memajukan pembangunan Kalteng agar lebih baik lagi.

”Dari sisi keuangan, APBD Kalteng saat saya awal menjabat tahun 2016 baru sebesar Rp3,43 triliun lebih. Namun, sekarang pada tahun 2024 menyentuh angka Rp8,79 triliun lebih. Naik dua kali lipat lebih,” ujarnya saat memimpin upacara Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Senin (27/5/2024).

Baca Juga :  DUH!!! Banyak Warga Sampit Salah Kaprah Membangun Ruko

Sugianto menuturkan, Pemprov Kalteng berupaya meningkatkan infrastruktur, di antaranya pada bidang pendidikan melalui program Tabungan Beasiswa Berkah (TABE). Bidang kesehatan melalui pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B di Hanau, Kabupaten Seruyan.

Menghadapi pilkada pada 27 November mendatang, dia mengajak masyarakat agar menyukseskan pesta demokrasi tersebut dengan aktif menggunakan hak pilih dan menjaga kamtibmas agar selalu rukun, aman, dan kondusif.

”Saya tekankan pula kepada segenap Aparatur Sipil Negara (ASN), agar menjaga netralitas,” tegasnya.

Lebih lanjut Sugianto juga berharap para pelajar di Kalteng bisa tumbuh menjadi sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, unggul, dan kompetitif. Hal itu agar mampu menghadapi persoalan seberat apa pun dan membawa kemajuan bagi Bumi Tambun Bungai.

”Setiap generasi muda Kalimantan Tengah harus berkesempatan mengenyam pendidikan berkualitas sampai ke perguruan tinggi, agar menguasai iptek serta memiliki karakter dan akhlak perilaku yang baik. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus berkomitmen meningkatkan sarana prasarana sekolah, kapasitas guru, dan juga beasiswa,” katanya. (***/ign)



Pos terkait