Dua ABK Tugboat Surya 03 Terpanggang dalam Kobaran

Polisi Belum Tetapkan Tersangka Kebakaran Kapal

tugboat
MASIH PENYELIDIKAN: Aparat kepolisian saat melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi dua kapal yang terbakar di Sungai Barito, Kabupaten Barito Selatan. (Istimewa)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Insiden kebakaran dua kapal di perairan Sungai Barito, Desa Kalanis, Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan, menyisakan tragedi mengerikan.

Dua anak buah kapal (ABK) tugboat Surya 03 terbakar hidup-hidup dalam kobaran api. Sejumlah ABK lainnya masih dalam pencarian.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji mengatakan, dari lima kru kapal Setia Baru 05, tiga orang selamat, yakni H, A, dan FN.

Dua ABK lainnya masih dinyatakan hilang. Meski sempat diselamatkan, A meninggal dunia karena menderita luka bakar lebih dari 50 persen.

Erlan melanjutkan, untuk tugboat yang juga terbakar, dari sembilan kru, hanya satu orang yang selamat. Dua ABK terbakar di atas kapal dan enam lainnya belum ditemukan.

”Jadi, fokus tim gabungan dari TNI dan Polri serta Basarnas bersama masyarakat, mencari ABK yang hilang dan semoga segera bisa ditemukan. Nanti kami akan update lagi terkait kejadian,” ujarnya.

Baca Juga :  TRAGIS!!! Mobil Masuk Parit, Direktur RSUD Kuala Pembuang Langsung Tewas

Lebih lanjut Erlan mengatakan, insiden maut itu masih dalam penyelidikan. Termasuk penyebab kebakaran yang masih ditelusuri. Pihaknya masih memeriksa sejumlah saksi. Adapun korban selamat belum bisa dimintai keterangan, karena dalam perawatan intensif dan ada yang belum sadar.

”Tim khusus dibentuk melakukan penyelidikan. Polda kalteng membantu Polres Barsel. Tim Polda membantu tim identifikasi, juga mencari dan evakuasi,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah rumah warga di Dusun Murung Kalanis, Desa Kalanis, Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan, terguncang akibat ledakan kapal yang diduga bermuatan bahan bakar minyak (BBM). Insiden itu terjadi di pinggir Sungai Barito, bagian hilir ujung dusun tersebut.

Kebakaran dua kapal tersebut terjadi sekitar pukul 06.00 WIB. Berdasarkan kabar yang beredar di masyarakat, sebelum kejadian, kapal tugboat Surya 03 diduga membeli BBM dan merapat pada kapal dagang di pinggir Sungai Barito.

Saat berdempetan, kapal dagang milik Hairan yang terbuat dari kayu meledak. Api langsung menyambar tugboat Surya 03 hingga ikut terbakar. (daq/ign)



Pos terkait