Dua Pekan, Ada 26 Ribu Penumpang di Bandara Iskandar Pangkalan Bun  

bandara iskandar
PADAT: Kesibukan di Bandara Udara Iskandar Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Senin (22/4/2024).

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Hingga H+7 Lebaran, jumlah penumpang di Bandara Iskandar Pangkalan Bun mengalami peningkatan yang signifikan. Jumlah penumpang tercatat mencapai 26 ribu orang dalam dua pekan terakhir.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun Budi Setiawan mengungkapkan, peningkatan jumlah penumpang yang mencapai 26 ribu orang itu setara dengan 34 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya

“Total kita ada 26 ribu penumpang dari H-7 dan H+7 Lebaran. Tahun lalu hanya 18 ribu, jadi kita ada kenaikan sekitar 34 persen,” ungkap Budi Setiawan, Senin (22/04/2024).

Dengan kenaikan ini, maka tak heran jika Bandara Iskandar Pangkalan Bun menjadi bandara tersibuk kedua di Kalimantan Tengah, setelah Bandara Tjilik Riwut. Rata-rata sehari berkisar 1.600-2.400 penumpang.

“Kenaikan ini karena arus mudik, arus balik dan liburan anak-anak sekolah. Bahkan, kedatangan dari Jakarta sekarang penuh terus,” ujarnya.

Baca Juga :  Ini Fungsi dan Manfaat Ear Tag pada Telinga Sapi

Saat ini Bandara Iskandar melayani penerbangan ke Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Penerbangan ketiga kota di Jawa tersebut dilayani oleh empat maskapai, di antaranya Nam Air, Citilink, Batik Air, dan Wings Air.

Maskapai yang beroperasi tidak hanya melayani masyarakat asal Kabupaten Kotawaringin Barat, tetapi juga kabupaten sekitar Kobar serta provinsi tetangga.

“Untuk keberangkatan asal penumpang macam-macam, mayoritas dari Kobar, Lamandau dan Sukamara, tapi banyak juga dari Seruyan, Sampit, dan Kalimantan Barat,” pungkasnya. (tyo/yit)

 



Pos terkait