Mal Pelayanan Publik Kobar Libatkan Enam Dinas  

pembukaan MPP
PELAYANAN: Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa saat mengecek pelayanan kepada masyarakat melalui Mal Pelayanan Publik yang baru diresmikan, Senin (22/4/2024) (Tyo/Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Penjabat Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat Budi Santosa melaksanakan soft launching Mal Pelayanan Publik (MPP) dan MPP Digital dengan melibatkan enam dinas.

Peluncuran MPP dan MPP Digital tersebut dilaksanakan di eks Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Senin (22/04/2024).

Bacaan Lainnya

Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa menyampaikan, pada tahap awal peresmian tersebut melibatkan Bapenda, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, dan Disdukcapil.

Keberadaan MPP dan MPP Digital merupakan respons atas Peraturan Presiden Nomor 89 Tahun 2021 yang mewajibkan daerah untuk menghadirkan MPP guna memperbaiki sistem pelayanan publik.

MPP adalah konsep terpadu yang mengintegrasikan layanan dari berbagai entitas, mulai dari kementerian, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, hingga sektor swasta, dalam satu tempat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan, dan keamanan pelayanan bagi masyarakat.

Baca Juga :  Kumai Usulkan Ratusan Program Pembangunan dalam Musrenbang

Ia berharap keberadaan MPP di Kobar bisa mengintegrasikan pelayanan menjadi lebih baik serta memberikan kemudahan, kecepatan, jangkauan, keamanan, dan kenyamanan bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan.

“MPP ini pada dasarnya adalah upaya untuk memanjakan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Selain itu, keberadaan MPP dapat meningkatkan daya saing daerah karena dapat memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha. Hal itu juga merupakan bukti nyata sinergi dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam kerangka pembangunan.

“Dengan terwujudnya MPP dan MPP Digital di Kotawaringin Barat, diharapkan masyarakat akan semakin merasakan manfaat dari pelayanan publik yang lebih efisien dan terpadu, serta menjadi pendorong utama dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bersama,” pungkasnya. (tyo/yit) 

 



Pos terkait