Empat ODGJ Dijemput Keluarga

ilustrasi

KUALA KURUN – Sebanyak empat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dari Kabupaten Gunung Mas (Gumas) telah dipulangkan ke keluarga masing-masing. Mereka telah selesai mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kalawa Atei Palangka Raya.

”Tiga orang diantar ke rumah masing-masing, dan satu orang diantar ke Panti Sosial Bina Laras Pambelum Palangka Raya untuk direhabilitasi. Hal ini atas permintaan keluarga,” ucap Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gumas Jhonson Ahmad, Selasa (19/10).

Dia mengatakan, tiga orang ODGJ itu diantar masing-masing ke Kelurahan Tehang, Kecamatan Manuhing Raya, lalu ke Kelurahan Tumbang Marikoi, Kecamatan Damang Batu, serta ke Kelurahan Tumbang Miri, Kecamatan Kahayan Hulu Utara (Kahut).

”Khusus yang diantar ke panti, apabila yang bersangkutan sudah menyelesaikan rehabilitasi namun keluarga tidak bisa menjemput, maka dinsos siap membantu untuk menjemput dan mengantar,” ujar Jhonson.

Sejauh ini lanjut dia, masih ada ODGJ dari Kabupaten Gumas yang sedang mendapat perawatan di RSJ Kalawa Atei Palangka Raya. Tentu dalam penanganan ODGJ ini harus dilakukan bersama lintas sektor.

”Bagi masyarakat yang memiliki anggota keluarga ODGJ dan perlu mendapatkan perawatan di RSJ Kalawa Atei, kami bersama instansi lain siap untuk membantu memfasilitasi,” imbuhnya.

Dirinya pun mengingatkan kepada masyarakat di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau, agar tidak memasung anggota keluarga yang berstatus ODGJ.

”Jika ada anggota keluarga yang berstatus ODGJ, maka hendaknya menyampaikan ke pemerintah sehingga dapat diberikan pelayanan kesehatan,” tandasnya. (arm/gus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *